Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Yu Tetap Jaga Kesehatan di Musim Penghujan

27 Nov, 2023

SARIASIH.com - Intensitas hujan akhir-akhir ini sudah mulai meningkat yang menandai masuknya musim penghujan. Musim hujan seringkali disertai dengan perubahan kondisi lingkungan yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Dokter RS Sari Asih Sangiang, Kota Tangerang, dr Siti Nur R. Firda Fauziyah, menjelaskan musim hujan dapat meningkatkan prevalensi penyakit karena beberapa faktor lingkungan yang mendukung perkembangan dan penyebaran agen penyebab penyakit.

Berikut beberapa hal umum yang menjadi faktor penyebab penyakit di musim penghujan :

  1. Perkembangbiakan Nyamuk: Genangan air yang umum selama musim hujan menciptakan lingkungan yang ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak. Nyamuk, terutama Aedes aegypti, dapat menjadi vektor penyakit seperti demam berdarah dengue.
  2. Kondisi Lingkungan yang Lebih Basah: Kelembaban yang tinggi dapat memengaruhi kondisi lingkungan, dimana dapat menciptakan lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Ini dapat meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan dan penyakit kulit.
  3. Pencemaran Air: Air yang tergenang dapat terkontaminasi oleh limbah domestik, limbah industri, atau limbah hewan. Konsumsi air atau kontak dengan air yang terkontaminasi dapat menyebabkan penyakit pernapasan atau pencernaan.
  4. Penyebaran Penyakit Airborne: Partikel udara dapat membawa virus dan bakteri penyebab penyakit, dan hujan dapat meningkatkan jumlah partikel ini di udara. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit saluran pernapasan.
  5. Perpindahan Hewan yang Terinfeksi: Musim hujan dapat memaksa beberapa hewan untuk berpindah mencari tempat yang lebih kering. Ini dapat meningkatkan kontak antara manusia dan hewan yang dapat membawa penyakit tertentu.
  6. Kondisi Kesehatan yang Menurun: Kelembaban dan cuaca yang tidak stabil dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia, membuatnya lebih rentan terhadap infeksi.
  7. Kondisi Sosial-Ekonomi: Beberapa populasi yang tinggal di daerah dengan sanitasi yang buruk atau akses terbatas terhadap layanan kesehatan mungkin lebih rentan terhadap penyakit selama musim hujan.

“Meski demikian bahwa tidak semua daerah atau musim hujan memiliki dampak yang sama terhadap kesehatan. Langkah-langkah pencegahan, seperti menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan, vaksinasi, dan pemantauan kesehatan, dapat membantu mengurangi risiko penyakit selama musim hujan,” ujar dr Siti Nur R. Firda Fauziyah.

Untuk itu jika Anda atau anggota keluarga mengalami gejala yang mengkhawatirkan disarankan untuk segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapat diagnosis dan perawatan yang tepat.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
.. Evit Siti Fitri Cahyati , Amd.Gz
.. Evit Siti Fitri Cahyati , Amd.Gz
Gizi
dr. Rahmalia Gusdina , SpJP
dr. Rahmalia Gusdina , SpJP
Jantung
dr. Hanifah Rahmani Nursanti , Sp.M
dr. Hanifah Rahmani Nursanti , Sp.M
Mata
dr. Khristi Handayani , SpS
dr. Khristi Handayani , SpS
Saraf
dr. Heri Setiawan , Sp.OT
dr. Heri Setiawan , Sp.OT
Ortopedi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok