Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Tips Memilih Olahraga bagi Penyandang Disabilitas

08 Dec, 2023

SARIASIH.com - Penyandang disabilitas adalah istilah yang umumnya digunakan untuk merujuk kepada individu yang memiliki keterbatasan psikologis, fisiologis, serta kelainan struktur dan fungsi anatomi tubuh, yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Disabilitas dapat bersifat sementara atau permanen, dan tingkat keparahannya dapat bervariasi.

Keterbatasan tersebut dapat melibatkan mobilitas fisik, fungsi sensorik seperti penglihatan atau pendengaran, fungsi intelektual, atau masalah kesehatan mental.

Perlindungan dan hak-hak penyandang disabilitas diatur oleh undang-undang di berbagai negara termasuk Indonesia untuk memastikan bahwa penyandang disabilitas diperlakukan secara adil dan setara.

Saat ini sudah diakomodir beberapa cabang olahraga     kompetisi untuk menstimulasi prestasi  penyandang disabilitas.

Lalu olahraga seperti apa yang tepat bagi penyandang disabilitas dan apakah batasannya?

Dokter Spesialis Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, DR dr Maria Regina Rachmawati, PA(K), SpKFR, MSc, menyebutkan bahwa penyandang disabilitas sangat dianjurkan untuk berolahraga.

Olahraga atau Aktivitas fisik teratur sangat diperlukan untuk meningkatkan kebugaran, mencegah terjadinya penyakit kronis, untuk rekreasi,  untuk kompetisi meraih prestasi, serta meningkatkan kualitas hidup.

Meskipun ada tantangan yang mungkin dihadapi oleh penyandang disabilitas dalam berolahraga namun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan individual.

“Program olahraga dapat dirancang untuk memenuhi kebutuhan individu berdasarkan jenis dan tingkat disabilitas. Beberapa olahraga khusus bahkan dikembangkan untuk penyandang disabilitas, seperti olahraga kursi roda, olahraga tunanetra, dan banyak lagi,” ujar DR dr Maria Regina Rachmawati, PA(K), SpKFR, MSc.

Selanjutnya untuk menentukan jenis olahraga bagi penyandang disabilitas perlu pertimbangan berbagai faktor, termasuk jenis dan tingkat disabilitas, preferensi pribadi, dan tujuan kesehatan atau kebugarannya.

Beberapa langkah yang dapat membantu menentukan jenis olahraga bagi penyandang disabilitas dijelaskan DR dr Maria Regina Rachmawati, PA(K), SpKFR, MSc ialah : 

  • Berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan yang dapat memberikan saran berdasarkan kondisi kesehatan individu.
  • Memahami dengan baik keterbatasan dan potensi untuk menyesuaikan jenis olahraga.
  • Berkonsultasi dengan instruktur olahraga atau pelatih yang memiliki pengalaman bekerja dengan penyandang disabilitas untuk merancang program yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan individu.
  • Memastikan keselamatan dalam memilih jenis olahraga karena beberapa olahraga mungkin memerlukan penyesuaian atau bantuan tambahan untuk memastikan penyandang disabilitas dapat berpartisipasi dengan aman.
Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Yani Damayanti , SpKFR
dr. Yani Damayanti , SpKFR
Rehabilitasi Medik
dr. Lestaria Aryanti , SPKFR (k)
dr. Lestaria Aryanti , SPKFR (k)
Rehabilitasi Medik
Dr. Laura Bertha Rachel Sihaloho , SpKFR
Rehabilitasi Medik
DR.dr. Maria Regina Rachmawati , SpKFR
DR.dr. Maria Regina Rachmawati , SpKFR
Rehabilitasi Medik
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok