Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Tanda Kolesterol sedang Tinggi

20 Jan, 2024

SARIASIH.com - Kolesterol adalah lemak (lipid) yang diproduksi tubuh dan dapat ditemukan juga dari makanan. Meskipun sering dianggap negatif, kolesterol sebenarnya memainkan beberapa peran penting dalam fungsi tubuh, seperti membantu pembentukan membran sel, produksi hormon tertentu (seperti estrogen dan testosteron), dan produksi vitamin D serta asam empedu yang membantu pencernaan lemak.

Namun, masalah muncul ketika tingkat kolesterol dalam darah terlalu tinggi, terutama jenis kolesterol yang disebut lipoprotein densitas rendah (LDL), sering disebut sebagai "kolesterol jahat".

Diterangkan Dokter RS Sari Asih Sangiang, dr Siti Nur R Firda Fauziyah, LDL dapat menumpuk di dinding arteri, membentuk plak yang membuat arteri menyempit dan menganggu peredaran darah, dan kondisi ini bisa menyebabkan kekakuan pembuluh darah yang dikenal sebagai aterosklerosis.

“Hal tersebut meningkatkan risiko kondisi kardiovaskular serius seperti Penyakit Jantung Koroner, Stroke, Penyakit Arteri Perifer, dan Gangguan pada Pembuluh Darah Lainnya,” ujar dr Siti Nur R Firda Fauziyah.

Menurut dr Siti Nur R Firda Fauziyah, sayangnya, kolesterol yang tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas, tetapi dalam beberapa kasus, terutama jika kadar kolesterol sangat tinggi atau telah menyebabkan kondisi kesehatan lain, beberapa tanda dan gejala mungkin akan muncul seperti berikut :

Nyeri di Dada (Angina): Salah satu akibat serius dari kolesterol tinggi adalah di mana plak kolesterol menumpuk di arteri jantung. Ini bisa menyebabkan nyeri dada atau angina.

Badan terasa kaku dan mudah Lelah : Ini terjadi karena adanya penyumbatan di arteri, yang dapat mengurangi aliran darah. Mungkin akan terasa sebagai nyeri, kejang, atau kelelahan di kaki atau tangan.

Sumbatan pada pembuluh darah jantung (serangan jantung / infark miokard : Terjadinya komplikasi serius dan mendadak yang dapat terjadi jika plak pecah dan menghentikan aliran darah ke jantung atau otak.

Xanthomas: Timbunan lemak di bawah kulit, yang bisa muncul sebagai benjolan kecil atau bercak kuning, terutama di sekitar kelopak mata, tangan, lutut, atau kaki.

Perubahan pada Kulit atau Mata: Perubahan pada kulit atau mata, seperti lingkaran gelap di bawah mata atau warna kuning pada putih mata.

“Karena banyak orang dengan kolesterol tinggi tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala sama sekali maka pemeriksaan rutin menjadi penting, terutama jika memiliki faktor risiko seperti riwayat keluarga, obesitas, merokok, kurang aktivitas fisik, atau memiliki kondisi seperti diabetes mellitus atau tekanan darah tinggi,” tutup dr Siti Nur R Firda Fauziyah.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr.. Iqbal Zein Assydiqie , Sp.A
Anak
dr. Ahmad Bahrudin , Sp.B
dr. Ahmad Bahrudin , Sp.B
Bedah Umum
drg. Agusnidar
drg. Agusnidar
Gigi
dr. Kharisma Wibawa Nurdin Putra , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Fandy Erlangga Putra, Sp.PD
dr. Fandy Erlangga Putra, Sp.PD
Penyakit Dalam
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok