Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Pentingnya Gizi Seimbang untuk Pertumbuhan Remaja

02 Feb, 2024

SARIASIH.com Gizi seimbang merupakan konsep mengonsumsi berbagai jenis makanan yang beraneka ragam agar tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsinya dengan optimal.

Gizi seimbang melibatkan asupan makanan yang mencakup berbagai kelompok zat gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Setiap kelompok makanan dan jenis zat gizi harus dalam proporsi yang tepat agar tubuh dapat memenuhi kebutuhan energi, pertumbuhan, perkembangan, dan menjaga kesehatan.

Disebutkan Ahli Gizi (nutrisionis) RS Sari Asih Cipondoh, Kota Tangerang, Kiky Dwi Putri Nurdjaman Amd. Gz, gizi seimbang diperlukan untuk kebutuhan masing-masing individu berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan. Sehingga dengan menerapkan gizi seimbang, seseorang dapat mendukung kesehatan jangka panjang dan mencegah berbagai masalah kesehatan yang dapat timbul akibat kekurangan atau kelebihan nutrisi.

“Gizi seimbang sangat penting untuk mencegah stunting, karena dengan asupan gizi yang baik dapat membantu menunjang pertumbuhan di masa kritis. Ini mencakup memberikan makanan yang kaya akan protein (terutama protein hewani), vitamin, dan mineral esensial, serta mengurangi risiko kekurangan gizi,” ujar Kiky Dwi Putri Nurdjaman Amd. Gz.

Pemberian makanan yang sesuai dan mencukupi selama kehamilan dan masa menyusui juga memiliki peran penting dalam mencegah stunting. Oleh karena itu, upaya untuk mencapai gizi seimbang, terutama pada anak-anak, remaja dan ibu hamil, dapat membantu mengurangi risiko stunting dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal anak.

Secara umum, kelompok makanan kategori gizi seimbang ini dapat dikelompokkan ke dalam lima kategori utama, yang sering direpresentasikan dalam bentuk piramida makanan atau piring makanan seimbang. Kelima kelompok makanan tersebut disebutkan Kiky Dwi Putri Nurdjaman Amd. Gz, adalah:

Karbohidrat: Sumber utama energi. Termasuk roti, nasi, pasta, sereal, kentang, dan biji-bijian.

Protein: Penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Sumber protein termasuk daging, ikan, telur, produk susu, kacang-kacangan, dan tahu.

Lemak: Sumber energi yang penting, tetapi sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang moderat. Termasuk minyak nabati, mentega, kacang-kacangan, dan ikan berlemak.

Buah-buahan dan Sayuran: Sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Mencakup berbagai jenis buah dan sayuran dengan warna yang berbeda.

Produk Susu atau Alternatif Susu: Sumber kalsium dan vitamin D. Termasuk susu, yogurt, keju, atau alternatif susu seperti susu kedelai atau almond.

 

“Untuk mendapatkan asupan gizi yang seimbang perlu dilakukan secara teratur dan berkelanjutan, sehingga tubuh dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari. Pola makan yang seimbang dan bervariasi setiap hari membantu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsinya sehingga tumbuh dengan optimal,” tutup Kiky Dwi Putri Nurdjaman Amd. Gz.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Yusi Deviana Nawawi , M.Gizi,SpGK
Gizi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok