Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Mengenal Vaksinasi HPV untuk Mencegah Kanker Serviks

29 Nov, 2023

SARIASIH.com - Vaksinasi HPV adalah vaksinasi yang ditujukan untuk melindungi individu dari infeksi Human Papillomavirus (HPV). HPV adalah virus yang menyebar melalui kontak kulit ke kulit, terutama melalui aktivitas seksual.

Infeksi HPV dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker leher rahim, vagina, vulva, penis, anus, dan orofaring (bagian belakang tenggorokan, termasuk amandel dan pangkal lidah).

Vaksin HPV efektif dalam mencegah infeksi oleh tipe-tipe HPV tertentu yang paling umum menyebabkan kanker dan penyakit menular seksual. Vaksin ini biasanya diberikan melalui dua atau tiga dosis, tergantung pada usia saat seseorang menerima vaksinasi pertama.

Program vaksinasi HPV biasanya ditargetkan pada remaja, baik pria maupun wanita, sebelum mereka mulai aktif secara seksual, karena vaksin bekerja lebih baik jika diberikan sebelum paparan virus HPV. Namun, vaksinasi HPV juga dapat diberikan pada mereka yang sudah aktif secara seksual atau yang telah didiagnosis dengan infeksi HPV sebelumnya.

Apakah Vaksi HPV Aman untuk disuntikkan?

Vaksinasi HPV dianggap sebagai langkah penting dalam upaya pencegahan kanker terkait HPV dan memiliki dampak positif terhadap kesehatan masyarakat. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mempertimbangkan vaksinasi HPV, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan saran yang sesuai dengan situasi kesehatan masing-masing.

Saat ini masih ada yang meragukan keamanan dan efek samping vaksin HPV. Namun faktanya, sejauh ini umumnya dianggap aman dan efektif. Sebagian besar orang yang menerima vaksin tidak mengalami efek samping yang serius. Efek samping yang mungkin muncul biasanya bersifat ringan dan bersifat sementara, seperti kemerahan atau nyeri di tempat suntikan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan lembaga kesehatan besar lainnya pun mendukung penggunaan vaksin HPV sebagai bagian dari upaya pencegahan kanker terkait HPV dan infeksi HPV lainnya.

Beberapa manfaat dari vaksinasi HPV meliputi:

  1. Pencegahan Kanker: Vaksin HPV dapat membantu melindungi dari jenis HPV yang paling umum menyebabkan kanker, terutama kanker leher rahim.
  2. Pencegahan Infeksi: Vaksin dapat membantu mencegah infeksi HPV yang dapat menyebabkan kondisi yang tidak hanya kanker, tetapi juga penyakit menular seksual dan masalah kesehatan lainnya.
  3. Keamanan Kelompok: Vaksinasi dapat membantu melindungi kelompok masyarakat secara keseluruhan dengan mengurangi penyebaran virus HPV.

Meski demikian, seperti halnya semua vaksin, tidak ada jaminan bahwa tidak akan ada reaksi alergi atau efek samping. Oleh karena itu, penting untuk berbicara dengan profesional kesehatan sebelum menerima vaksinasi, terutama jika ada kekhawatiran khusus atau kondisi kesehatan tertentu yang perlu diperhatikan.

 

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Fikry Syahrial , Sp.N
dr. Fikry Syahrial , Sp.N
Saraf
drg. Esther Rotiur Regina Ria BR Hutagalung , Sp. PM
Penyakit Mulut
drg. SRI ISTIANAH
drg. SRI ISTIANAH
Gigi
dr. Eny Waeningsih , Sp.S ,M.Kes
dr. Eny Waeningsih , Sp.S ,M.Kes
Saraf
dr. M. Prechilian Lentera Sukma, , Sp.B
Bedah Umum
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok