Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Mau Panjang Umur? Ini Langkahnya yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

19 Jan, 2024

SARIASIH.com - Setiap orang mengidamkan panjang usia, sehat secara fisik dan juga mental. Namun banyak yang mencari-cari caranya dengan hal-hal yang terkadang di luar nalar. Sebenarnya, ada cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang usia yang sudah terbukti secara ilmiah.

Walaupun sebenarnya genetika memainkan peran penting, gaya hidup dan lingkungan juga sangat berpengaruh agar usia lebih lama. Tapi ada beberapa faktor yang secara ilmiah terbukti berkontribusi pada umur panjang.

Menurut Dokter RS IMC Bintaro (RS Sari Asih Group) Dr. Harry Leksono Adhiputro, membenarkannya, menurutnya berikut ini adalah beberapa kunci untuk umur panjang yang telah terbukti dan didukung oleh penelitian ilmiah:

Diet yang Sehat: Mengonsumsi makanan yang seimbang dan bernutrisi tinggi sangat penting seperti Diet Mediterania yang kaya akan buah-buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun, membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Rutin Aktivitas Fisik: Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko beberapa jenis kanker, dan meningkatkan kesehatan mental. Aktivitas fisik tidak harus berat, dengan berjalan kaki secara teratur sudah sangat bermanfaat.

Menjaga Berat Badan: Mempertahankan berat badan dalam kisaran yang sehat dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Tidak Merokok: Seperti diketahui, merokok bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit serius, termasuk penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Berhenti Konsumsi Alkohol: Jika Anda minum alkohol, lakukan dengan cara yang bijak karena mengonsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Cukup Tidur: Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik, karena kurang tidur dapat mempengaruhi metabolisme, mood, konsentrasi, memori, kontrol motorik, sistem imun, dan bahkan sistem kardiovaskular.

Kelola Stres: Stres yang kronis dapat memiliki efek negatif yang serius pada tubuh dan pikiran. Lakukan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan latihan pernapasan agar membantu mengurangi stress.

Hubungan Sosial: Mempunyai hubungan sosial yang kuat dan mendukung dapat meningkatkan kesehatan mental serta memperpanjang umur.

Rajin Membaca: Teruslah belajar dengan melibatkan otak. Karena aktivitas mental seperti membaca, bermain game yang memerlukan strategi, dan kegiatan intelektual lainnya bisa membantu menjaga otak tetap tajam.

Pemeriksaan Kesehatan: Pemeriksaan rutin dapat membantu mendeteksi masalah kesehatan sejak dini, saat masih lebih mudah untuk ditangani.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Indra Syarief , Sp.M
Mata
dr. Margaretta Silvia Yolanda , Sp.OT
Ortopedi
dr. Ferdy Mayo , Sp.B,M.Kes
dr. Ferdy Mayo , Sp.B,M.Kes
Bedah Umum
dr. M. Prechilian Lentera Sukma, , Sp.B
Bedah Umum
dr. Adimas Fajar Hartono , SpAN
dr. Adimas Fajar Hartono , SpAN
Anestesi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok