Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Manfaat Kesehatan Menggunakan Masker

07 Dec, 2023

SARIASIH.com - Selain dalam konteks identitas dan ekspresi budaya atau seni, masker juga memberikan banyak manfaat dalam konteks Kesehatan. Menggunakan masker memiliki beberapa manfaat, terutama ketika berurusan dengan penyebaran penyakit, seperti flu atau penyakit pernapasan yang menyebar melalui droplet.

Penggunaan masker telah menjadi salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan, terutama dalam menghadapi situasi penyebaran penyakit menular. Meskipun tidak dapat memberikan perlindungan mutlak, masker berperan penting dalam mengurangi risiko penularan.

Dokter RS Sari Asih Sangiang, Kota Tangerang, dr Siti Nur R Firda Fauziyah menyebutkan beberapa manfaat utama penggunaan masker dalam hal kesehatan:

  1. Mencegah Penyebaran Droplet melalui Udara: Masker, terutama yang dirancang untuk menyaring partikel udara, efektif dalam menangkap droplet kecil yang dapat mengandung kuman atau virus. Mencegah penularan dan penyebaran penyakit seperti flu, batuk, ISPA, dan COVID-19. Ini membantu mencegah penyebaran penyakit melalui udara, terutama di tempat-tempat kerumunan dimana partikel kuman dapat menyebar dengan mudah.
  2. Perlindungan dari partikel berbahaya: Di lingkungan dengan tingkat polusi udara tinggi atau di tempat kerja dengan potensi paparan bahan kimia, polusi udara seperti asap kendaraan bermotor, pabrik, rokok, dan debu, masker dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap partikel-partikel yang dapat mengganggu sistem pernapasan.
  3. Pencegahan Dini: Penggunaan masker dapat menjadi langkah pencegahan dini penularan penyakit terutama bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah atau alergi. Menggunakan masker dengan baik dan benar dengan membantu mencegah alergen di udara masuk ke dalam hidung, tenggorokan, dan paru-paru yang menyebabkan reaksi alergi.
  4. Kesadaran dan Etika Kesehatan: Penggunaan masker dapat menciptakan kesadaran masyarakat tentang pentingnya etika kesehatan dan tanggung jawab Bersama dalam menjaga lingkungan bebas dari risiko penularan penyakit sehingga menciptakan budaya kesehatan yang dapat mendukung upaya pencegahan penyakit bersama-sama.
  5. Budaya Kesehatan: Penggunaan masker menjadi bagian dari tindakan kesehatan masyarakat yang penting, bersamaan dengan langkah-langkah lain seperti mencuci tangan secara teratur, menjaga jarak fisik, dan mengikuti pedoman kesehatan resmi.
  6. Melindungi wajah dari efek negatif sinar matahari dan polusi udara yang berkepanjangan dan berulang, yang dapat menyebabkan penuaan dini, eksim, jerawat, flek hitam, dan kanker kulit.

“Penggunaan masker bukan hanya tindakan pribadi untuk melindungi diri sendiri, tetapi juga merupakan kontribusi positif terhadap kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Kombinasi penggunaan masker dengan perilaku hidup sehat lainnya dapat menjadi langkah yang efektif dalam menghadapi tantangan kesehatan saat ini,” ujar dr Siti Nur R Firda Fauziyah.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
drg. Santi Anggraini , SpBM
drg. Santi Anggraini , SpBM
Bedah Mulut
dr. Ferdy Mayo , Sp.B,M.Kes
dr. Ferdy Mayo , Sp.B,M.Kes
Bedah Umum
dr. Rahmatina , SpKK
Kulit & Kelamin
dr. Sri Istianah , drg
Gigi
Dr. Linda Kurniaty Wijaya , SpPD
Penyakit Dalam
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok