Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Latihan Ketahanan Fisik untuk Memperlambat Penuaan

22 Nov, 2023

SARIASIH.com - Seiring dengan bertambahnya usia, penting bagi kita untuk mengikuti gaya hidup sehat, serta menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Salah satu elemen kunci dalam menjaga kesehatan fisik, terutama ketika memasuki usia lanjut, adalah menjalankan aktivitaa fisik yang teratur.

Aktivitas fisik yang teratur memiliki dampak positif dalam memperlambat proses penuaan.

Latihan fisik yang bermanfaat untuk meningkatkan oksigenasi jaringan, sehingga dapat berperan dalam menghambat proses penuaan, adalah latihan endurance/ latihan ketahanan.

Mengapa Latihan Ketahanan Penting?

Diterangkan Dokter Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Dr. dr. Maria Regina Rachmawati, PA(K), SpKFR, MSc, bahwa meningkatkan ketahanan otot adalah aset berharga dalam menjaga kesehatan tubuh.

“Ketika seseorang mengalami proses penuaan, maka terjadilah penyusutan massa otot, yang jika dibiarkan akan menjadi masalah kesehatan yang serius.

Latihan ketahanan, seperti  jalan kaki dan lari dan latihan yang memdapat pembebanan dari tubuh, menjadi pilihan terbaik untuk mencegah penyusutan otot, mempertahankan kepadatan tulang, serta meningkatkan oksigenasi jaringan,” ujarnya.

Manfaat kesehatan yang lain dari latihan ketahanan, adalah, mendorong terjadinya pelepasan hormon pertumbuhan, yang merupakan elemen kunci dalam memperbaiki dan merawat otot.

“Hormon pertumbuhan ini juga berperan dalam meningkatkan metabolisme, membantu mengontrol berat badan, dan bahkan dapat menurunkan risiko penyakit seperti diabetes,” jelas Dr. dr. Maria Regina Rachmawati, PA(K), SpKFR, MSc.

Manfaat Latihan Ketahanan pada Penuaan:

  1. Pencegahan Penyusutan Otot: Latihan beban membantu mempertahankan dan membangun massa otot, mencegah penyusutan otot yang umum terjadi seiring bertambahnya usia.
  2. Peningkatan Kepadatan Tulang: Latihan beban tubuh juga memperkuat tulang, mengurangi risiko osteoporosis dan fraktur tulang.
  3. Peningkatan Metabolisme: Memiliki lebih banyak massa otot dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, membantu dalam mengontrol berat badan dan menjaga keseimbangan energi.
  4. Menurunkan Risiko Diabetes: Latihan ketahanan dapat meningkatkan sensitivitas insulin, membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.
  5. Meningkatkan Keseimbangan dan Postur: Latihan otot inti membantu mempertahankan keseimbangan dan postur tubuh, mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kenyamanan sehari-hari.

Latihan Ketahanan yang Dapat Dicoba:

  1. Angkat Beban: Mulailah dengan beban ringan yang sesuai dengan kemampuan Anda dan tingkatkan secara bertahap. Latihan dapat meningkatkan kekuatan otot, dan memicu respons hormonal yang positif.
  2. Latihan Otot Inti: Sertakan latihan untuk memperkuat otot perut, punggung, dan panggul, seperti Plank, Russian twists, dan leg raises , yangdapat membantu membangun kekuatan otot inti.
  3. Aktivitas Aerobik: Latihan kardiovaskular seperti berlari, bersepeda, atau berenang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.
  4. Yoga atau Pilates: Latihan ini bermanfaat untuk membangun kekuatan dan fleksibilitas otot, serta meningkatkan keseimbangan.
Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Yani Damayanti , SpKFR
dr. Yani Damayanti , SpKFR
Rehabilitasi Medik
Dr. Laura Bertha Rachel Sihaloho , SpKFR
Rehabilitasi Medik
DR.dr. Maria Regina Rachmawati , SpKFR
DR.dr. Maria Regina Rachmawati , SpKFR
Rehabilitasi Medik
dr. Lestaria Aryanti , SPKFR (k)
dr. Lestaria Aryanti , SPKFR (k)
Rehabilitasi Medik
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok