Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Ini Fungsi Vitamin untuk Tubuh yang Layak untuk Dikonsumsi

01 Mar, 2024

SARIASIH.com - Vitamin memiliki berbagai fungsi penting dalam tubuh manusia. Berikut adalah beberapa fungsi utama vitamin dalam tubuh menurut Ahli Gizi RS IMC Bintaro (RS Sari Asih Group), Kota Tangerang Selatan, Siti Nurmala Sari, AMG.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh: Beberapa vitamin, seperti vitamin C, vitamin D, dan vitamin A, membantu dalam memelihara dan memperkuat sistem kekebalan tubuh agar bisa melawan infeksi dan penyakit.

Pemeliharaan Kesehatan Kulit dan Mata: Vitamin A, vitamin E, dan beberapa vitamin B kompleks berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan mata. Mereka membantu dalam regenerasi sel-sel kulit dan menjaga kesehatan mata.

Pembentukan dan Pemeliharaan Tulang dan Gigi: Vitamin D, vitamin K, dan beberapa vitamin lainnya berperan penting dalam proses pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi. Mereka membantu dalam penyerapan kalsium dan mineral lainnya yang diperlukan untuk kesehatan tulang.

Fungsi Metabolisme: Beberapa vitamin B kompleks (seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12) berperan dalam proses metabolisme tubuh. Mereka membantu dalam pemecahan karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang dibutuhkan tubuh.

Fungsi Neurologis: Vitamin B kompleks, terutama vitamin B12, memiliki peran penting dalam fungsi neurologis tubuh. Mereka membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan saraf serta neurotransmitter yang penting untuk fungsi otak dan sistem saraf.

Proses Pembentukan Sel: Beberapa vitamin, seperti vitamin B9 (asam folat) dan vitamin B12, sangat penting dalam proses pembentukan sel darah merah dan sel-sel lainnya dalam tubuh.

Antioksidan: Beberapa vitamin, seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin A (dalam bentuk beta-karoten), berperan sebagai antioksidan yang membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh. 

“Meskipun vitamin dan suplemen dapat memberikan manfaat, tapi perlu diingat bahwa sebagian besar nutrisi yang diperlukan tubuh sebaiknya diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Konsumsi makanan yang seimbang dan beragam adalah cara terbaik untuk memastikan tubuh mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan,” ujar Siti Nurmala Sari, AMG.

 

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
Ibu. Nikita Yudharani , S.Psi.M.Psi
Ibu. Nikita Yudharani , S.Psi.M.Psi
Psikolog Anak
dr. Sotya Prasari, M.Sc, Sp.KK
dr. Sotya Prasari, M.Sc, Sp.KK
Kulit & Kelamin
dr. Ira Kusumastutii , Sp.P
Paru
dr. Kiki Maharani , Sp.PD
dr. Kiki Maharani , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Fiola Yolanda , Sp.KK
Kulit & Kelamin
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok