Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Cara Tingkatkan Imun Lansia

10-07-2020

Bagikan :

SARIASih.com – Sampai saat ini, Indonesia tetap harus menghadapi masa pandemi. Hal tersebut membuat masyarakat perlu memperhatikan sistem imun agar terhindar dari penyakit Covid-19, termasuk lansia. Kekebalan tubuhnya yang sudah mulai menurun, membuat mereka jadi lebih mudah terkena penyakit.

Adapun penyebabnya dikarenakan seiring bertambahnya usia, maka produksi sel T yang merupakan kelompok sel darah putih berkurang. Alhasil, kerja sistem kekebalan tubuh akan jadi lambat, terutama ketika mengahadapi jenis virus baru.

Bahkan meski penyakit yang diderita adalah gejala flu biasa, maka lansia, khsusunya yang berusia 65 tahun ke atas dapat memiliki risiko mengidap komplikasi yang lebih besar.

Sebenarnya, bukan hanya lansia yang wajib meningkatkan kekebalan tubuh. Upaya tersebut juga harus dilakukan meski masih berada diusia muda, karena kekebalan tubuh menjadi garda terdepan bagi semua orang untuk melindungi diri dari segela gangguan kesehatan.

Karena itu, cara meningkatkan kekebalan tubuh lansia juga tidak jauh berbeda dengan usia yang dibawahnya. Ada beberapa yang dapat membantu agar lansia tetap prima dan fit.

1. Konsumsi gizi seimbang

Faktor internal, seperti makan makanan yang sehat dan kaya nutrisi  dapat membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat agar dapat melawan virus. Sayur, buah, daging tanpa lemak, hingga oatmeal dapat dijadikan pilihan.

Jika hal tersebut tidak dijaga, maka adanya risiko yang cukup tinggi untuk mereka menderita diabetes, melemahkan tulang dan otot, memicu kanker hingga penyakit degenaratif lainnya.

2. Rutin berolahraga

Meski umur sudah lanjut, namun lansia memerlukan beragam aktivitas fisik, termasuk olahraga untuk membantu tetap bugar dan meningkatkan kekebalan tubuh mereka. Kondisinya yang tidak seprima dulu, bukan alasan agar lansia hanya bisa duduk-duduk saja.

Sebelum memulai olahraga, sesuaikan dengan kemampuan diri mereka dan pilih olahraga berintensitas rendah hingga minim risiko. Ada beberapa pilihan yang bisa dicoba seperti jalan santai, aerobik, yoga.

Dengan olahraga, lansia juga akan dapat memperkuat otot, meperlancar sirkulasi darah dan memiliki efek anti inflamasi pada tubuh. Aktivitas fisik ini dapat dilakukan setidaknya 20 sampai 30 menit per hari.

3. Cukup tidur

Tidur menjadi hal yang penting, terlebih bagi mereka yang sudah tidak muda lagi. Jika hal tersebut terpenuhi, maka dapat membantu meningkatkan fungsi otak, konsentrasi dan memori.

Jika waktu tidur merka kurang, lansia berisiko mengalami penurunan daya tahan tubuh. Karena itu, usahakan agar mereka dapat tidur setidaknya tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

4. Berhenti merokok

Tidak jarang jika lansia masih memiliki kebiasaan buruk seperti merokok. Padahal aktivitas tersebut dapat menghancurkan antioksidan dalam darah, meningkatkan autoimun dan membunuh antibodi.

Jika masih saja terus berlanjut, mereka akan lebih rentan mengalami pneumonia, kanker paru dan penyakit lainnya.

5. Hindari stres

Karena pada usia lanjut akan memiliki perasaan yang lebih sensitif, maka untuk membuat mereka tetap ceria dan terhindar dari stres, ajak mereka untuk mengobrol, bercanda dan memberikan waktu untuk bermain dengan cucu.

Ketika kesehatan mentalnya terjaga, maka daya imunitasnya juga tetap dalam keadaan prima.

Lima tips diatas dapat dicoba dan dijadikan kebiasaan agar lansia terhindar dari virus penyakit yang membahayakan. Jika mereka sudah menunjukkan tanda-tanda adanya penurunan kesehatan, maka segera lakukan pemeriksaan medis.

RS Sari Asih sudah menciptakan zona nyaman dan tenang untuk membuat proses pengobatan dapat bejalan dengan lancar. Jika ingin bertemu dengan dokter spesialis, ada baiknya terlebih dahulu daftar online di sariasih.com atau aplikasi Sari Asih Online agar dapat terhindar dari antre dan meminimalisir waktu keberadaan diluar rumah.

Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok