Cara Cegah Mata Lelah

30-11-2018

SARIASIH.com - Mata lelah adalah salah satu kondisi yang seringkali dihadapai oleh sebagian orang. Keadaan tersebut umumnya menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih ketika sedang menjalankan aktvitas seperti belajar, bekerja, atau mengemudikan kendaraan.

Menurut deskripsinya, mata lelah adalah gangguan mata yang disebabkan oleh penggunaan alat penglihatan dalam jangka waktu lama tanpa beristirahat.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi diantaranya pertama, menyetir kendaraan dengan jarak tempuh yang jauh, kedua, menatap layar computer atau gadget.

Ketiga, terlalu lama membaca, keempat, memiliki kelainan refraksi mata, kelima, melihat secara terus-menerus dalam ruangan minim cahaya dan keenam, terpapar cahaya yang terlalu terang atau menyilaukan.

Ketika momen tersebut terjadi dengan intensitas tinggi maka gejala yang ditimbulkan  mata akan terasa nyeri yang sekaligus berair serta kering. Alat penglihat itu juga akan membuat objek Nampak kabur atau berbayang lebih sensitif terhadap cahaya.

Menurut kalangan medis, gejala tersebut dapat pula menyebar ke bagian tubuh lain seperti nyeri pada bahu, leher, punggung dan sakit kepala. Namun sesungguhnya hal tersebut dapat diantisipasi dengan memeliha penglihatan.

Jika pekerjaan mengharuskan menatap layar berjam-jam lakukan trik 20-6-20, istiraharkan mata setiap 20 menit, kemudian fokuskan mata ke titik dengan jarak yang jauhnya 6 meter selama 20 detik. Serta turun kan cahaya terang dari ponsel atau laptop.

Selain itu, perbanyak berkedip karena hal tersebut dapat membantu menyegarkan mata dengan menyebarkan lapisan film air mata secara merata. Berkedip juga akan meredakan ketegangan akibat salah satu panca indera ini dalam kondisi kering.

Melatih fokus juga memiliki andil untuk mengurangi mata lelah seperti memegang pulpen sejauh rentang lengan dan fokuskan mata pada ujung pulpen seraya mendekatkan pulpen secara perlahan ke hidung. Minimal sepuluh repitisi, maka ketegangan mata sedikit demi sedikit akan mereda.

Coming Soon
Ok