Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Apakah Vitamin perlu Dikonsumsi untuk Menangkal Penyakit?

01 Mar, 2024

Vitamin dan suplemen adalah produk yang dirancang untuk memberikan nutrisi tambahan bagi tubuh manusia. Biasanya berbentuk pil, kapsul, tablet, cairan, atau serbuk, dan mengandung berbagai jenis vitamin, mineral, herbal, atau bahan lainnya.

Ahli Gizi RS IMC Bintaro (RS Sari Asih Group), Siti Nurmala Sari,AMG, menerangkan jika tujuan dari mengonsumsi vitamin atau suplemen adalah untuk memberikan tubuh nutrisi tambahan yang mungkin kurang atau tidak mencukupi dari makanan sehari-hari.

Beberapa alasan mengapa seseorang mungkin memilih untuk mengonsumsi vitamin atau suplemen meliputi:

Kekurangan Nutrisi: Seseorang mungkin memiliki pola makan yang kurang seimbang atau tidak mencukupi nutrisi tertentu, sehingga mengonsumsi suplemen dapat membantu mengatasi kekurangan tersebut.

Keadaan Khusus: Beberapa kondisi kesehatan tertentu atau tahap kehidupan tertentu (seperti kehamilan, menyusui, atau masa pemulihan setelah penyakit) mungkin memerlukan asupan nutrisi tambahan.

Kebutuhan Tambahan: Orang-orang yang menjalani diet khusus, seperti diet vegetarian atau vegan, atau yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik yang intens mungkin memerlukan asupan tambahan dari beberapa nutrisi.

Pencegahan Penyakit: Beberapa suplemen, seperti vitamin C atau vitamin D, telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan tertentu, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau memperbaiki kesehatan tulang. 

“Meskipun vitamin dan suplemen dapat memberikan manfaat, tapi perlu diingat bahwa sebagian besar nutrisi yang diperlukan tubuh sebaiknya diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Konsumsi makanan yang seimbang dan beragam adalah cara terbaik untuk memastikan tubuh mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan,” ujar Siti Nurmala Sari, AMG.

Kurangnya vitamin dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, sedangkan kelebihan vitamin tertentu juga dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Mengkonsumsi vitamin sebaiknya didasarkan pada kebutuhan individu dan kondisi kesehatan masing-masing. Jangan mengonsumsi lebih dari dosis yang direkomendasikan untuk setiap jenis vitamin, kecuali jika dianjurkan oleh profesional Kesehatan.

“Kelebihan vitamin tertentu dapat berdampak negatif pada kesehatan. Tidak semua orang memerlukan suplemen yang sama. Misalnya, vegetarian mungkin memerlukan suplemen vitamin B12, sementara seseorang yang tinggal di daerah dengan sedikit paparan sinar matahari mungkin memerlukan suplemen vitamin D,” tutup Siti Nurmala Sari, AMG.

 

 

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Ahmad Sofian , Sp.PD
dr. Ahmad Sofian , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Harinto , Sp.B
dr. Harinto , Sp.B
Bedah Umum
dr. Tri Gunawan , Sp.OG
dr. Tri Gunawan , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Radian, SpTHT
dr. Radian, SpTHT
THT
dr. Syarief Hidayat Soeriasaputra , Sp,.J.P
Jantung
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok