Pasca Lebaran, Waspadai Hal Ini

03-07-2017

Bagikan :

Lebaran menjadi momentum yang identik dengan kegiatan dan makan yang tidak biasa. Tak jarang, saat lebaran banyak tersaji makanan dan minuman yang manis, bersantan dan berlemak. Meski menggoda, sebaiknya anda waspada. Berbagai penyakit ternyata sudah siap menunggu jika Anda tidak mengontrol pola makan.

Dr. Ahmad Mekah, M. Kes, M. Sc, SpPD,  Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Sari Asih Sangiang menyebutkan sedikitnya ada dua kategori penyakit yang sering terjadi pasca Lebaran. Dua kategori penyakit yang mungkin timbul pasca lebaran yaitu :

  1. Penyakit kronis kambuh

Makan dan minum dengan frekwensi tinggi biasa dilakukan masyarakat di waktu Lebaran ketika berada di rumah maupun saat berkunjung. Padahal umumnya, makanan yang banyak tersaji mengandung rasa manis, bersantan dan berlemak. Kandungan makanan tersebut dapat memicu penyakit kronis seperti hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes.  

  1. Penyakit pencernaan

Makanan pedas dan bersantan biasa tersaji di meja makan saat Lebaran lantaran sudah menjadi tradisi. Kondisi ini akan mempenegaruhi kesehatan khususnya di bagian pencernaan bagi yang tidak terbiasa dengan makanan pedas dan bersantan.

Menurut Dr Ahmad Mekah , penyakit-penyakit tersebut seharusnya bisa dicegah bila tetap bisa menerapkan pola hidup sehat dan dan dapat mengontrol makanan yang akan dikonsumsinya.

Beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit-penyakit pasca lebaran yaitu:

  1. Kendalikan makan.
  2. Jangan memaksakan makan jika sudah cukup kenyang.
  3. Bagi penderita penyakit kronis, harus tetap teratur mengonsumsi obat dan menghindari makanan yang manis dan berlemak serta mengandung kolesterol.

Jika sudah terlanjur, lakukan evaluasi dengan mengunjungi dokter atau melakukan pemeriksaan kadar gula darah.

Coming Soon
Ok