Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Gastroenteritis Termasuk Penyakit Menular

13 Aug, 2020

SARIASIH.com – Gastroenteritis adalah radang selaput lendir saluran pencernaan yang umumnya muncul dengan gejala diare atau muntah. Hal tersebut dapat ditandai dengan konsistensi feses yang menjadi lebih lunak atau berair dengan frekuensi lebih dari tiga kali dalam sehari.

Kondisi yang biasa disebut sebagai muntaber ini termasuk penyakit yang menular. Gastroenteritis disebabkan oleh dua jenis virus, pertama, rotavirus. Penyebarannya melalui kontak fisik dan sangat umum terjadi di kalangan anak-anak. Hal tersebut dikarenakan mereka suka memasukkan jari atau benda yang sudah terkontiminasi ke dalam mulut.

Jika orang dewasa yang mengalaminya mungkin tidak merasakan gejala apapun, namun mereka bisa menularkannya pada anak kecil ataupun bayi.

Kedua, norovirus. Virus jenis ini bisa menularkan kepada siapa saja pada usia berapapun. Selain karena adanya kontak fisik, penyebarannya juga bisa melalui makanan atau air. Tempat yang sifatnya umum menjadi lokasi yang sering terjadi penularan virus tersebut.

Gastroenteritis juga dapat ditularkan melalui berbagai jenis bakteri yang menjadi pemicunya, seperti yang paling umum didengar yaitu salmonella, dimana bakteri pada produk susu yang tidak melewati proses pemanasan, daging atau telur mentah. Adapula E. coli, bakteri tersebut dapat ditemukan dalam daging sapi mentah dan salad.

Bagi yang mengalami Gastroenteritis disebabkan bakteri, maka pengobatannya cukup dengan mengonsumsi antibiotik. Namun jika disebabkan oleh virus, maka penderita tidak memerlukan antibiotik.

Kebanyakan kasus dengan faktor tersebut dapat sembuh dengan sendirinya dan ditambah beberapa hal yang perlu dilakukan seperti istirahat total, konsumsi banyak cairan dan konsumsi obat anti nyeri.

Gejala yang berlangsung biasanya hingga 10 hari. Namun jika sudah melakukan berbagai hal dan belum menunjukkan perkembangan yang baik, bisa mendatangi dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

RS Sari Asih memiliki dokter yang ahli dibidangnya, terlebih kini rumah sakit menerapkan protokol kesehatan, sehingga tidak perlu khawatir untuk konsultasi karena RS Sari Asih aman untuk dikunjungi.

Jika ingin membuat temu janji, klik sariasih.com atau melalui aplikasi Sari Asih Online untuk mendapatkan hari dan tanggal yang sudah terkonfirmasi.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Mardlatillah , dr.Sp.JP-FIHA
dr. Mardlatillah , dr.Sp.JP-FIHA
Jantung
dr. Retno Kuntarti, SpGK
dr. Retno Kuntarti, SpGK
Gizi
dr. Siti Dzulaiha , sp.GK
dr. Siti Dzulaiha , sp.GK
Gizi
dr. Rista Harwita Putri , Sp.A
dr. Rista Harwita Putri , Sp.A
Anak
drg. Astrid Diwiyacitra. C.I
drg. Astrid Diwiyacitra. C.I
Gigi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok