Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Cemas Bisa Hilangkan Nafsu Makan

18-05-2020

Bagikan :

SARIASIH.com – Mungkin hampir setiap orang pernah merasakan hilangnya nafsu makan ketika mereka berhadapan dengan hal yang tidak mereka sukai atau dalam situasi bahaya. Perlu diketahui, jika kondisi tersebut terjadi karena mereka mengalami rasa cemas yang berlebihan.

Hubungan keduanya saling mempengaruhi, karena ketika seseorang mulai merasa cemas, hormon stres dilepaskan oleh tubuh. Hormon-hormon itulah yang mengaktifkan sistem saraf simpatik yang membuat denyut jantung menjadi lebih cepat dan tekanan darah menurun.

Hal tersebut tentunya normal, karena tubuh sedang dalam kondis siap untuk menjaga dari ancaman. Namun, salah satu hormonnya yaitu corticotropin-releasing factor (CRF) mempengerahui perncernaan.

 Dampak pelepasan hormon tersebut membuat nafsu makan penderita berkurang atau hilang. Selain nafsu makan, rasa cemas yang berlebihan juga membuat seseorang mengidap sembelit, diare hingga rasa mual.

Stres yang dialami membuat penderitanya hanya fokus pada kondisi yang dialami. Akhirnya mereka tidak lagi peka terhadap tanda-tanda jika tubuh mulai butuh asupan makan, atau lapar.

Jika hal tersebut tidak dapat ditangani, maka akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar dapat nafsu makan kembali seperti, ketahui penyebab cemas.

Salah satunya yaitu dengan berkontemplasi atau menanyakan ke diri sendiri apa yang menjadi pemicu stres yang dialami. Jika tidak menemukan jawabannya, maka cari pertolongan kepada Psikolog untuk memecahkannya.

Jika sudah menemukan jawabannya, maka jangan sampai tubuh dikendalikan lagi oleh stres, namun diri sendirilah yang harus mengontrolnya. Meditasi, tidur yang cukup rileksasi otot dan rutin berolahraga dianggap mampu meredakan stres.

Karena rasa cemas berlebih mampu mempengaruhi sistem pencernaan, maka konsumsi makanan bergizi dan mudah dicerna untuk membangkitkan selera makan. Beberapa diantaranya, makanan berkuah dengan tambahan sayur dan protein tinggi, yogurt atau bisa juga membuat smoothies yang terdiri dari buah, sayuran dan protein.

Tidak menjadi masalah jika hanya mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sangat sedikit, seperti satu suap. Hal tersebut masih lebih baik jika membiarkan perut kosong. Namun tambah porsi sedikit demi sedikit agar nafsu makan dapat kembali.

Ketika gangguan makan sudah tidak lagi dapat diatasi, maka jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter spesialis  gizi. Saat ini RS Sari Asih memiliki layanan Konsultasi Online. Pasien dapat konsultasi tatap muka melalui video call.

Layanan tersebut dapat ditemui di sariasih.com atau aplikasi Sari Asih Online. Jika membutuhkan pertanyaan seputar Konsultasi Online bisa menghubungi via Whats App di 0813-9966-3838.

Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok