Cegah Demensia Dengan Hidrasi Baik

30-11-2018

SARIASIH.com - Demensia adalah istilah yang mencerminkan adanya penurunan dalam hal mengingat atau penurunan fungus kognitif sehingga memengaruhi kemampuan seseorang untuk hidup secara mandiri.

Umumnya dimensia terjadi pada seseorang yang telah lanjut usia atau 60 tahun keatas namun kini penelitan dair kalangan medis menyatakan bahwa demensia juga mulaisering dijumpai di beberapa negara sering Amerika Latin, Cina dan India.

Tidak ada satu tes yang dapat menentukan apakah seseorang menderita demensia atau tidak. Diperlukannya riwayat medis, pemeriksaan fisik, tes laboratorium, perubahan karakteristik dalam pemikiran dan perilaku sehari-hari untuk menentukan seserang mengidap yang biasa disebut dengan pikun.

Sayangnya hal tersebut dianggap oleh generasi muda sebagai sesuatu yang maklum, nyatanya kepikunana diusia adalah hal yang sebelumnya dapat dicegah, dihambat dan diobati salah satunya dengan menerapkan pola hidrasi sehat.

Menurut penelitian menyatakan bahwa status hidrasi seseorang dapat mempengaruhi performa kognitifnya. Ketika seseorang mengalami dehidrasi maka mereka cenderung mengalami penurunan performa kognitif dibanding  ketika dalam keadaan terhidrasi baik.

Faktanya hal tersebut tidak mempengaruhilansia sebagai pemiliki risiko terbesar demensia namun juga memengaruhi anak-anak dan dewasa. Jika hal tersebut terus menerus terjadi maka resiko seseorang lansia mengalami demensia akan sangat tinggi.

Menjaga hidrasi sesungguhnya cukup mudah, bagi orang dewasa agar terhindari dari dehidrasi normalnya dapat mengonsusmi air sebanyak 2000 – 2100 ml per hari.

Ditambah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan yang dengan gizi seimbang, olahraga teratur, melatih otak untuk tetap aktif, berpikir positif hingga berperilaku produktif akan menurunkan risiko terjadinya manifestasi demensia pada saat usia lanjut.

Coming Soon
Ok