Cara Terhindar Dari TBC

19-09-2019

Bagikan :

SARIASIH.com – Masih menjadi hal yang menakutkan jika sedang berdekatan dengan penderita tuberculosis (TBC). Masalahnya, penyakit tersebut termasuk ke dalam penyakit yang menular dan masih menjadi pembunuh terbanyak diantara klasifikasi gangguan kesehatan tersebut.

Terlebih jika menjadi pengguna transportasi umum. Maret lalu tersebar kabar jika ada seorang mahasiswi menderita TBC akibat tertular dari pengidap TBC ketika sama-sama menaiki commuter line dengan jarak posisi yang cukup berdekatan.

Berdasarkan Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan (Infodatin) 2018, penularan model tersebut sudah mencapai 420 ribu kasus pada tahun 2017.

Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk terhindar dari TBC jika aktivitas menuntut selalu berada dikeramaian, pertama, menggunakan masker. Selalu mempersiapkan ketersediaan masker jika berada di tempat umum terutama dalam ruangan tertutup seperti bus, pesawat, kereta api dan pusat perbelanjaan.

Kedua, menjaga daya tahan tubuh. Ketika tubuh berada dalam kondisi yang kurang sehat membuat penularan TBC akan semakin mudah, sehingga pastikan jika tubuh sudah mendapatkan haknya, seperti beristirahat yang cukup dan selalu konsumsi makanan yang bergizi.

Ketiga, hindari kontak langsung dengan penderita. Meski berkurangnya interaksi dengan mereka, namun akan jadi lebih baik sebagai teman meyakinkan mereka jika terus berobat dan konsumsi obat, maka lambat laun akan bisa pulih kembali.

Coming Soon
Ok