Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Sari Asih Konsultasi Online

Cara Aman Hilangkan Tumit Pecah-Pecah

10-07-2020

Bagikan :

SARIASIH.com – Secara estetika, tentu mengalami tumit yang pecah-pecah mampu membuat kepercayaan diri menurun. Selain itu, ketika retakan pecah-pecah terjadi terlalu dalam, tidak jarang akan menimbulkan rasa  sakit ketika berjalan.

Pada dasarnya kulit telapak kaki memiliki jenis yang lebih kering dari pada area kulit lainnya karena tidak memiliki keringat. Karena kondisinya yang tidak lembab, sehingga tumit kaki berkemungkinan akan menebal, kapalan hingga pecah merekah.

Penyebabnya sangat beragam, mulai dari penggunaan sepatu yang terbuka, sering berdiri terlalu lama, berjalan tanpa alas kaki, mandi berdurasi terlalu lama hingga menggunakan sabun yang kandungan banhannya bersifat iritatif.

Salah satu cara yang cukup terkenal untuk mengatasinya adalah menggosokkan batu apung untuk mengangkat kulit mati. Namun masih ada beberapa cara yang cukup efektif untuk menghilangkan pecah-pecah pada tumit, seperti;

  1. Gunakan pelembab

Pelembab menjadi hal yang penting untuk membuat kondisi tumit yang pecah-pecah dapat lebih terkontrol. Ada beberapa hal yang bisa digunakan seperti gel lidah buaya atau petroleum jelly. Selain itu, jika menemukan produk yang memiliki kandungan minyak dan bertekstur pelembab juga dapat digunakan.

Pelembab dapat dioleskan pada pagi atau malam hari. Jika digunakan ketika sebelum tidur, maka bungkus kaki dengan kaus kaki yang nyaman agar pelembab dapat terserap lebih baik.

  1. Hindari mandi air panas

Air panas sebenarnya dapat mengikis kelembapan kulit, termasuk pada tumit kaki. Namun terkadang air panas digunakan untuk merendam kaki demi menghilangkan penat akibat aktivitas seharian.

Padahal sebenarnya dengan kondisi kulit telapak kaki yang memang kering, ditambah terlalu sering kontak dengan air panas akan menambah kerusakan semakin parah, sehingga kaki yang pecah-pecah sulit membaik.

  1. Gunakan sabun yang lembut

Pemilihan sabun juga dapat memengaruhi kondisi kulit pada bagian tumit. Jika kandungannya terlalu keras dan bersifat iritatif, maka akan semakin membuat kulit mengering.

Karena itu, sabun yang baik untuk digunakan adalah sabun yang bahannya lembut. Hal tersebut juga mampu menjaga tingkat kelembapan pada kaki.

  1. Kenakan sepatu tertutup

Sepatu yang memiliki tumit tertutup dan bantalan yang nyaman memberikan dukungan ke area yang bermasalah. Ada beberapa jenis sepatu yang harus dihindari seperti sepatu hak terbuka, sepatu dengan sol tipis hingga alas kaki yang tidak pas.

Pilih sepatu yang tertutup dan gunakan kaus kaki berjenis katun untuk mengurangi gesekan dan hal-hal yang memicu kerusakan pada tumit.

Jika sudah melakukan cara-cara mandiri namun belum mampu mengatasi tumit yang pecah-pecah, maka jangan tunda untuk segera konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin di RS Sari Asih terdekat.

Ada baiknya untuk daftar online terlebih dahulu sebelum kedatangan di sariasih.com atau aplikasi Sari Asih Online. Hal tersebut akan membuat pasien terbebas dari antri dan meminimalisir waktu keberadaan di luar rumah.

Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok