Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Yuk Ketahui Fungsi Cek Tekanan Darah

10 Oct, 2023

SARIASIH.com – Seringkali kita melewati prosedur pemeriksaan tekanan darah sebelum masuk sesi konsultasi dengan dokter yang dituju. Dalam benak sedikit awam kenapa tensi darah haru diperiksa.

Ternyata, memeriksa kondisi tekanan darah adalah langkah penting dalam pemantauan kesehatan, karena dari kondisi tekanan darah yang diketahui dapat mendeteksi sejumlah kondisi dalam tubuh sebagai berikut menurut Dokter RS Sari Asih Karawaci, Kota Tangerang, dr Fadly Ambara :

  1. Mendeteksi Hipertensi (tekanan darah tinggi): Pemeriksaan tekanan darah dapat membantu mengidentifikasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Melalui pemantauan rutin, dapat mendeteksi hipertensi sedini mungkin, sehingga dapat mengambil tindakan untuk mengontrol tekanan darah dengan perubahan gaya hidup atau pengobatan yang diresepkan oleh dokter.
  2. Menilai Kesehatan Jantung: Tekanan darah yang sehat adalah indikator penting kesehatan jantung. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada arteri dan jantung, sementara tekanan darah rendah dapat mengurangi aliran darah ke organ vital. Memeriksa tekanan darah dapat membantu dalam penilaian kesehatan jantung kita.
  3. Mendeteksi Masalah Kesehatan Lainnya: Pemeriksaan tekanan darah juga dapat membantu mendeteksi masalah kesehatan lainnya, seperti gangguan ginjal atau gangguan endokrin. Perubahan tekanan darah yang signifikan bisa menjadi tanda adanya masalah medis yang perlu ditangani.
  4. Evaluasi Pengobatan: Jika memiliki kondisi medis seperti hipertensi, pemeriksaan tekanan darah rutin dapat membantu memantau efektivitas pengobatan yang diresepkan oleh dokter. Ini membantu memastikan bahwa pengobatan berjalan sesuai rencana dan tekanan darah tetap dalam kisaran yang aman.
  5. Mendukung Keputusan Kesehatan: Informasi tentang tekanan darah dapat membantu kita dan dokter membuat keputusan kesehatan yang lebih baik, seperti mengatur dosis obat, mengubah gaya hidup, atau merencanakan perawatan lebih lanjut.

Pemantauan tekanan darah secara teratur merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit-penyakit serius.  Range Tekanan darah Normal yaitu  antara 90/60 mmHg sampai dengan 130/85 mmHg.

"Setiap individu dapat memiliki variasi normal dalam tekanan darah yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti usia, riwayat kesehatan, dan gaya hidup," ujar dr Fadly Ambara.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Rista Harwita Putri , Sp.A
dr. Rista Harwita Putri , Sp.A
Anak
dr. Dawny Oktorachman , Sp.M
dr. Dawny Oktorachman , Sp.M
Mata
dr. Widia Kurnia , Sp.OG
dr. Widia Kurnia , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Wiwiek Agusthin , SpA
dr. Wiwiek Agusthin , SpA
Anak
DR.dr. Maria Regina Rachmawati , SpKFR
DR.dr. Maria Regina Rachmawati , SpKFR
Rehabilitasi Medik
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok