Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Yuk Ketahui Apa Manfaat Olahraga di Gym untuk Kesehatan

27 Feb, 2024

SARIASIH.com - Gym merupakan salah satu jenis olahraga berbantu alat yang bertujuan untuk meningkatkan endurance atau ketahanan fisik dan juga peningkatan massa otot. Olahraga ini idealnya didampingi oleh personal trainer sebagai instruktur disetiap tahap gerakan.

Saat ini perkembangan sosial media begitu massif, saluran informasi tentang kesehatan pun memenuhi ruang publik dan bisa dengan mudah diakses, khususnya terkait informasi kesehatan yang bisa dilakukan di tempat gym yang banyak dibuat oleh masyarakat umum maupun trainer professional.

Masyarakat yang telah mulai sadar tentang Kesehatan sering mengikuti Langkah-langkah yang dicontohkan dalam video tersebut. Akhirnya, tujuan dari melakukan aktivitas olahraga tersebut tidak sesuai hasil yang diinginkan.

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medis RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, dr. Laura Bertha Rachel Sihaloho, SpKFR, menerangkan kata gym berasal dari gymnastic yang artinya sebuah gerakan yang difasilitasi oleh alat, yang dikerjakan di tempat gym.

Bagi pemula yang ingin melakukan olahraga di gym, dr. Laura Bertha Rachel Sihaloho, SpKFR, menyarankan harus memahami dulu tujuannya untuk keperluan apa, semisal untuk membentuk tubuh, menjaga kesehatan atau ingin menyembuhkan penyakit tertentu.

Untuk pemula yang tidak pernah sama sekali ke gym dan olahraga disarankan  untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan instruktur atau trainer, karena mereka adalah orang-orang yang terlatih dan faham dengan olahraga tersebut maka akan membantu tujuan seseorang untuk melakukan gym dan mencapai tujuan tersebut

Baik kalangan muda maupun usia lanjut akan mendapatkan manfaat positif dari beragam gerakan yang dilakukan di gym. Semisal untuk ketahanan fisik dapat memperbaiki pola tidur, dengan efek aerobic akan memperbaiki gelombang saraf dan mengurangi imsonia juga mengurangi stress.

“Ketika seseorang berolahraga, aktivitas fisik tersebut dapat menyebabkan pelepasan endorphin dalam tubuh. Efek endorphin setelah berolahraga dapat mencakup perasaan euforia, kenyamanan, dan relaksasi, sehingga mampu mengurangi stress,” ujar dr. Laura Bertha Rachel Sihaloho, SpKFR.

Sedangkan untuk orang orang yang memiliki penyakit kronis, latihan di gym akan menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sensitifitas insulin yang mampu mencegah keparahan dari penyakit seperti jantung, diabetes, dan lain sebagainya.

Selain aerobic, olahraga penguatan (resistance). Di gym akan ditemui orang-orang yang mengangkat beban. Beberapa orang melakukan angkat beban bertujuan untuk membentuk tubuh, dan jika otot sudah terbentuk maka metabolisme tubuh akan lebih baik, dan pembakaran lemak akan efektif sebut dr. Laura Bertha Rachel Sihaloho, SpKFR.

Untuk usia-usia yang lanjut disarankan untuk melatih kelenturan yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan dan kelenturan dari sendi-sendi.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Yani Damayanti , SpKFR
dr. Yani Damayanti , SpKFR
Rehabilitasi Medik
dr. Lestaria Aryanti , SPKFR (k)
dr. Lestaria Aryanti , SPKFR (k)
Rehabilitasi Medik
Dr. Laura Bertha Rachel Sihaloho , SpKFR
Dr. Laura Bertha Rachel Sihaloho , SpKFR
Rehabilitasi Medik
DR.dr. Maria Regina Rachmawati , SpKFR
DR.dr. Maria Regina Rachmawati , SpKFR
Rehabilitasi Medik
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok