Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Waspadai Tumor Rongga Mulut

02 Dec, 2023

SARIASIH.com - Tumor mulut adalah pertumbuhan sel abnormal yang terjadi dalam mulut atau daerah sekitarnya. Tumor ini bisa berada di berbagai bagian mulut, termasuk bibir, gusi, lidah, langit-langit mulut, dan dasar mulut.

Dokter Spesialis Bedah Mulut RS Sari Asih Karawaci, Kota Tangerang, drg. Putri Kumala Santi, SpBM, mengatakan jika tidak diantisipasi, tumor mulut dapat merambah ke tenggorokan (faring), amandel (tonsil), dan kelenjar ludah.

Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami tumor mulut disebutkan drg. Putri Kumala Santi, SpBM, meliputi:

  1. Merokok dan Penggunaan Tembakau: Merokok dan mengunyah tembakau meningkatkan risiko tumor mulut secara signifikan.
  2. Konsumsi Alkohol: Minum alkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko tumor mulut.
  3. Infeksi Human Papillomavirus (HPV): Beberapa tipe HPV terkait dengan risiko tumor mulut, terutama pada bagian belakang tenggorokan (orofaring).
  4. Paparan Sinar Matahari: Paparan sinar matahari berlebihan pada bibir dapat meningkatkan risiko tumor pada bibir (khususnya pada bibir bawah).
  5. Kekurangan Nutrisi: Kekurangan vitamin dan mineral tertentu dalam diet dapat menjadi faktor risiko.

“Gejala tumor mulut dapat mencakup perubahan pada bibir atau mulut, luka yang tidak sembuh, nyeri, sulit menelan, perubahan suara, dan pembengkakan,” ujar drg. Putri Kumala Santi, SpBM.

Diagnosis tumor mulut diperlukan serangkaian tes dan pemeriksaan, seperti biopsi, pencitraan medis, dan pemeriksaan fisik. Pengobatan tumor mulut dapat melibatkan operasi, radioterapi, kemoterapi, atau kombinasi dari metode-metode ini, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan kanker.

Penggunaan Panoramic  bisa dilakukan untuk mendeteksi adanya tumor di daerah mulut sejak dini karena dapat meningkatkan peluang kesembuhan dan mengurangi dampak yang mungkin terjadi seperti awal keganasan yang berkembang menjadi kanker.

Panoramik atau panoramic radiograph, adalah alat diagnostik radiologi yang digunakan untuk menghasilkan gambar dua dimensi dari seluruh struktur mulut dan gigi dalam satu gambar. Gambar panoramik memberikan pandangan umum dari rahang atas dan bawah, termasuk gigi, tulang rahang, sendi rahang, dan struktur lainnya.

Oleh karena itu, pencegahan, termasuk menghindari faktor risiko yang dapat diubah seperti merokok dan minum alkohol berlebihan, serta kunjungan rutin ke dokter gigi atau dokter spesialis dapat memainkan peran penting dalam mencegah tumor mulut.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
drg. Putri Kumala Santi , SpBM
Bedah Mulut
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok