Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Waspadai Gejala Penyakit Jantung Ini

27 Dec, 2023

Sudah diketahui oleh umum jika penyakit jantung adalah pembunuh diam-diam karena sering tidak disadari. 

Dokter Spesialis Jantung RS Sari Asih Karawaci, Kota Tangerang, dr. Nitia Almaida Asbarinsyah, Sp.JP, menyebutkan sebenarnya, penyakit jantung dapat menunjukkan berbagai gejala. Namun gejala yang muncul dapat bervariasi antar individu. 

Berikut ini beberapa gejala awal yang perlu diperhatikan dan bisa menjadi pertanda berbagai jenis penyakit jantung untuk diwaspadai, menurut dr. Nitia Almaida Asbarinsyah, Sp.JP: 

  • Nyeri atau Tidak Nyaman pada Dada: Ini menjadi salah satu gejala paling umum pada serangan jantung. Rasa sakit atau tekanan di dada bisa muncul dan berlangsung beberapa menit. Nyeri ini dapat menjalar ke lengan kiri, punggung, leher, atau rahang. 
  • Sesak Napas: Kesulitan bernapas atau sesak napas tanpa alasan yang jelas, terutama saat istirahat atau aktivitas ringan, dapat menjadi tanda masalah jantung. 
  • Kelelahan yang Berlebihan: Kelelahan yang tidak wajar atau merasa sangat lelah bahkan setelah aktivitas ringan bisa menjadi pertanda adanya masalah jantung. 
  • Denyut Jantung Tidak Teratur: Detak jantung yang tidak teratur atau palpitasi bisa merupakan gejala gangguan irama jantung (aritmia) yang perlu dievaluasi lebih lanjut. 
  • Mual dan Muntah: Beberapa orang dengan masalah jantung mungkin mengalami mual atau muntah terutama pada serangan jantung akut, terutama wanita. 
  • Pusing atau Pingsan: Penyakit jantung dapat menyebabkan pusing atau pingsan, terutama jika terjadi gangguan aliran darah ke otak. 
  • Keringat Dingin: Keringat dingin yang tidak wajar (basah kuyup seluruh tubuh) yang muncul bersamaan dengan gejala lain seperti nyeri dada. 
  • Edema (Pembengkakan): Pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, atau kaki lainnya dapat menjadi tanda penumpukan cairan, yang dapat terkait dengan penyakit gagal jantung. 

Yang perlu dilakukan jika mengalami gejala penyakit jantung: 

Jika Anda atau seseorang mengalami gejala yang mungkin terkait dengan penyakit jantung, langkah-langkah berikut dapat membantu: 

  • Hentikan aktivitas dan istirahat serta cobalah untuk tenang.
  • Segera mencari Pertolongan Medis bila gejala timbul dalam kondisi mendadak: Penanganan cepat dapat mengurangi risiko kerusakan jantung. 
  • Jangan Mengemudi Sendiri 
  • Berikan Informasi Penting tentang Riwayat Kesehatan, alergi obat kepada petugas medis 

“Respon cepat terhadap gejala serangan jantung atau masalah jantung dapat membuat perbedaan signifikan untuk hasil pengobatan,” ujar dr. Nitia Almaida Asbarinsyah, Sp.JP.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. AS. Hariadi , Sp.S
dr. AS. Hariadi , Sp.S
Saraf
dr. Hj.. Sylvia E. Nuruth , SpBP
dr. Hj.. Sylvia E. Nuruth , SpBP
Bedah Plastik
drg. Nizanetta Rosmaya Mahadewi
drg. Nizanetta Rosmaya Mahadewi
Gigi
drg. Ridho Bijaksono
drg. Ridho Bijaksono
Gigi
drg. Esther Rotiur Regina Ria BR Hutagalung , Sp. PM
Penyakit Mulut
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok