Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Waspada Virus Corona

17 Feb, 2020

SARIASIH.com - Virus corona kini menjadi perbincangan masyarakat dunia. Khusus di Asia Tenggara sudah ada empat negara, Vietnam, Thailand, Singapore dan Malaysia yang membuat pernyataan bahwa masyarakatnya sudah menjadi korban.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut virus corona jenis virus baru degan 2019-nCoV. Virus tersebut akan menyerang pernapasan ringan hingga berat.

Virus yang ditemukan dari Wuhan, Tiongkok ini diduga berasal dari hewan liar dan terjadi begitu cepat karena gejala yang ditimbulkan muncul dalam dua sampai empat belas hari setelah terpapar virus.

Hal tersebut membuat pencegahan menjadi lebih sulit dan terlebih belum ada vaksin yang direkomendasikan. Hal tersebut membuat penderita diharuskan menerima perawatan intensif untuk meringankan gejala yang ada.

Penularan virus corona bisa terjadi akibat adanya kontak langsung dengan percikan lendir saluran pernapasan penderita seperti ketika penderita sedang batuk, bersin, atau meludah sembarangan.

Selain itu, penularan juga bisa menyebar melalui kontak tidak langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi droplet atau percikan lendir yang mengandung virus seperti berjabat tangan, bertukar tisu, menggunakan peralatan makanan dan minuman secara bergantian dan bahkan kontak dengan hewan yang terkontaminasi virus juga sangat berisiko tinggi.

Meskipun begitu ada beberap a hal yang bisa dilakukan untuk mengindari virus corona, pertama, sering mencuci tangan. Seringkali penularan suatu penyakit dikarenakan tingkat kebersihan tangan sangatrendah.

Karena itu sering mencuci tangan dan menggunakan sabun serta air adalah upaya pencegahan awal. Aktivitas tersebut memerlukan waktu selama dua puluh detik agar tangan terbebas dari virus. Jika sabun dan air tidak tersedia maka bisa juga menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

Kedua, hindari menyentuh beberapa bagian tubuh. Mata, hidung dan mulut adalah beberapa anggota tubuh yang bisa terinveksi virus. Hal tersebut diawali ketika adanya sentuhan dari tangan tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Ketiga, hindari kontak dengan orang yang sakit. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan bisa memulai dengan meminimalisir atau menghindari kontak secara langsung dengan orang yang sedang sakit.

Terlebih ketika tubuh sedang tidak dalam keadaan yang fit. Pada saat itu mudah sekali virus menembus imun dan membuat seseorang jatuh sakit.

Keempat, menjaga etika ketika batuk dan bersin. Ketika sedang batuk dan bersin tidak ada salahnya untuk menutup dengan tisu. Hal tersebut dapat menurunkan tingkat penyebaran suatu penyakit. Perlu diperhatikan pula bahwa tisu bekas yang digunakan harus segera dibuang ke tempat sumpah.

Kelima, bersihkan benda yang sering digunakan. Telepon genggam adalah salah satu benda yang digunakan dengan intensitas tinggi karena itu benda tersebut berisiko mengandung banyak bakteri didalamnya.

Dengan membersihkan permukaan dan bagian belakang telepon secara berkala adalah hal yang baik demi menjaga kesehatan agar tetap sehat.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Ayu Ariestha K , SpJP
dr. Ayu Ariestha K , SpJP
Jantung
Dr. Kelvin Mandela , SpM
Dr. Kelvin Mandela , SpM
Mata
dr. David Rudy Wibowo, , Sp.OK
OKUPASI
dr. Suryadi Firmansjah , Sp. JP
dr. Suryadi Firmansjah , Sp. JP
Jantung
dr. Yuliana Laksmini , SpKK. Msc
dr. Yuliana Laksmini , SpKK. Msc
Kulit & Kelamin
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok