Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Waspada Nyeri Lutut saat Naik Tangga atau Berlari

15 Sep, 2023

SARIASIH.com – Saat berlari atau menaiki tangga tanpa disadari tiba-tiba lutut terasa nyeri. Terdapat sejumlah faktor penyebab nyeri lutut saat beraktivitas, yang diantaranya memerlukan perhatian khusus agar tidak berdampak serius.  

Dokter Spesialis Hip and Knee RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, dr. Moch. Nagieb, SpOT-K, menyebutkan beberapa faktor penyebab nyeri pada lutut saat beraktivitas seperti naik tangga atau berlari :

  1. Cedera: Cedera pada lutut, seperti cedera ligamen (seperti ACL, MCL, atau LCL), cedera tendon, atau cedera kartilago, dapat menyebabkan nyeri saat menaiki tangga atau berlari.
  2. Overuse (penggunaan berlebihan): Penggunaan berlebihan pada lutut tanpa cukup istirahat atau pemulihan dapat menyebabkan ketegangan berlebihan pada sendi dan struktur sekitarnya, yang dapat menyebabkan nyeri.
  3. Arthritis (radang sendi): Osteoarthritis atau arthritis rematoid adalah kondisi kronis yang dapat merusak sendi lutut dan menyebabkan nyeri saat bergerak, termasuk saat menaiki tangga atau berlari.
  4. Postur tubuh yang buruk: Postur tubuh yang buruk saat berlari atau menaiki tangga dapat menempatkan tekanan ekstra pada lutut, yang dapat menyebabkan nyeri.
  5. Kurangnya pemanasan dan pendinginan: Ketika Anda tidak melakukan pemanasan dan pendinginan yang cukup sebelum dan setelah aktivitas fisik, risiko cedera pada lutut dapat meningkat.
  6. Kondisi anatomi: Beberapa individu mungkin memiliki struktur anatomi lutut yang tidak seimbang atau tidak normal, seperti kaki datar atau kaki bengkak, yang dapat menyebabkan tekanan tambahan pada lutut.
  7. Faktor usia: Penuaan dapat menyebabkan perubahan dalam struktur lutut, termasuk penurunan elastisitas tendon dan kartilago, yang dapat menyebabkan nyeri.
  8. Kelebihan berat badan: Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada lutut, yang dapat menyebabkan nyeri saat menaiki tangga atau berlari.
  9. Aktivitas fisik yang berlebihan: Terlalu banyak berlari atau menaiki tangga dalam intensitas tinggi tanpa cukup istirahat dapat mengakibatkan nyeri lutut.

Setiap nyeri pada lutut akan berbeda bagi sebagian orang. Melakukan konsultasi dengan profesional medis akan sangat membantu untuk meringankan nyeri lutut sesuai pemeriksaan yang seksama.

Profesional medis dapat melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin tes tambahan seperti sinar-X atau MRI, serta merencanakan pengobatan yang sesuai berdasarkan penyebab dan tingkat keparahan nyeri.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Panji Privan , Sp.PD
dr. Panji Privan , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Masyitha , Sp.A
dr. Masyitha , Sp.A
Anak
dr. Siti Meiridah Kurniati , Sp.THT
dr. Siti Meiridah Kurniati , Sp.THT
THT
dr. Wiwiek Agusthin , SpA
dr. Wiwiek Agusthin , SpA
Anak
dr. Suryaman , Sp. OG
dr. Suryaman , Sp. OG
Kebidanan dan Kandungan
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok