Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Waspada Mata Kering Akibat Terlalu Lama di Depan Komputer

14 Sep, 2023

SARIASIH.com - Di era digital saat ini, teknologi telah memudahkan banyak aspek pekerjaan banyak pekerja kantoran menghabiskan sebagian besar hari kerja mereka di depan layar monitor komputer.

Penggunaan berkepanjangan dari komputer ternyata dapat berpotensi menyebabkan sejumlah masalah kesehatan mata. Salah satu penyakit mata yang umum sering dialami oleh pekerja kantoran adalah Dry Eye Syndrome atau biasa disebut sindrom mata kering.

Selain Dry Eye Syndrome, berikut adalah beberapa penyakit mata yang rentan menyerang pekerja kantoran yang sering menatap lama layar komputer. 

  1. Dry Eye Syndrome:

Dry Eye Syndrome atau Sindrom mata kering adalah masalah umum yang dialami oleh pekerja kantoran yang sering menatap layar komputer. Ini terjadi karena kita cenderung kurang berkedip saat kita fokus pada layar, yang dapat mengakibatkan mata kering, perih, dan iritasi.

Dokter Umum RS Sari Asih Sangiang, Kota Tangerang, dr Siti Nur R. Firda Fauziyah menyarankan tips untuk mengatasi masalah ini. “Cobalah metode "20-20-20" - setiap 20 menit, pandanglah objek yang berjarak 20 kaki selama minimal 20 detik. Gunakan juga tetes mata buatan jika perlu dan pastikan ruangan tempat bekerja cukup terhidrasi,” ujarnya. 

  1. Mata Pegal atau Mata Beler/ Mata Tegang

Mata pegal atau mata beler/mata tegang adalah kondisi ketika mata terasa lelah, berat, atau tegang setelah berjam-jam menatap layar komputer. Untuk mencegahnya, dr Siti Nur R. Firda Fauziyah  meminta untuk memastikan pencahayaan yang memadai di tempat kerja dan mengatur posisi monitor sehingga mata sejajar dengan layar. “Cobalah juga untuk mengatur tingkat kontras dan kecerahan monitor agar nyaman untuk dilihat,” saran dr Siti Nur R. Firda Fauziyah. 

  1. Mata Merah dan Iritasi:

Terlalu lama menatap layar komputer dapat menyebabkan mata menjadi merah dan mudah teriritasi. Ini bisa disebabkan oleh paparan terlalu lama terhadap sinar biru yang dipancarkan oleh layar. Gunakan filter anti sinar biru pada layar dan pastikan cukup beristirahat. “Hindari menggosok mata jika terasa gatal, karena hal ini dapat memperburuk iritasi mata,” pinta dr Siti Nur R. Firda Fauziyah. 

  1. Low vision atau Penglihatan kabur

Menatap layar komputer terlalu lama juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan, seperti mata kabur atau sulit untuk melihat objek di jarak tertentu. Dr Siti Nur R. Firda Fauziyah  menyebutkan dapat diatasi dengan beristirahat sejenak, mengedipkan mata, atau melakukan latihan sederhana seperti melihat objek yang jauh selama beberapa detik.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Melyana , SpJP
dr. Melyana , SpJP
Jantung
Dr. Rosie , SpB-TKV
Dr. Rosie , SpB-TKV
Bedah Toraks Kardiovaskular
dr. Harris Mustafa Banadji,dr.SpU
dr. Harris Mustafa Banadji,dr.SpU
Urologi
dr. Beta Meidarifni Adiputri , Sp.OG
dr. Beta Meidarifni Adiputri , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. H. Agung Budi Hartono, Sp.OG
dr. H. Agung Budi Hartono, Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok