Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Waspada Kecendrungan Bunuh Diri Akibat Depresi

16 Sep, 2023

SARIASIH.com - Kesehatan mental adalah aset berharga yang harus dijaga dan diperhatikan dalam kehidupan sosial kita. Melibatkan diri dalam hubungan yang sehat, mencari dukungan ketika diperlukan, dan mengelola konflik dengan bijaksana adalah langkah-langkah penting untuk menjaga kesehatan mental yang optimal.

Namun jika sebuah konflik terjadi setiap hari dan berkepanjangan tanpa adanya penyelesaian akan memicu depresi yang mendalam maka kecendrungan untuk bunuh diri akan sangat berisiko.

Tanda-Tanda Bahaya

  1. Perubahan Emosi dan Perilaku

Salah satu tanda bahaya utama bunuh diri adalah perubahan dramatis dalam emosi dan perilaku seseorang. Ini termasuk:

  • Depresi yang dalam: Seseorang yang berpikir untuk bunuh diri mungkin mengalami perasaan putus asa, sedih, dan tidak berdaya yang berkepanjangan.
  • Penarikan diri: Mereka dapat menjauhkan diri dari teman-teman dan keluarga, menarik diri dari aktivitas yang mereka nikmati sebelumnya.
  • Perubahan tidur dan makan: Gangguan tidur atau masalah makan seperti kurang nafsu makan atau keinginan makan berlebihan bisa menjadi tanda bahaya.

Hal-hal yang Perlu dilakukan :

  1. Mengajak Berbicara

Membuka jalur komunikasi yang jujur dengan seseorang yang mungkin berisiko bunuh diri adalah langkah pertama yang penting. Mendengarkan dengan penuh perhatian tanpa menghakimi bisa membantu mereka merasa didengar dan dipahami.

  1. Sumber Dukungan

Mengarahkan orang yang berisiko untuk mencari sumber dukungan yang tepat adalah kunci. Ini bisa termasuk menghubungkan mereka dengan keluarga, teman, atau profesional kesehatan mental yang bisa membantu.

  1. Mengurangi Akses ke Metode Bunuh Diri

Mengurangi akses ke metode bunuh diri seperti obat-obatan atau senjata api dapat menyelamatkan nyawa. Keluarga dan teman-teman harus berperan aktif dalam menjaga keamanan fisik seseorang yang berisiko.

  1. Profesional Kesehatan Mental

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal berisiko bunuh diri, segeralah mencari bantuan profesional. Terapis, psikiater, atau klinik kesehatan mental dapat memberikan perawatan yang diperlukan.

  1. Kesadaran Masyarakat

Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah bunuh diri dan kesehatan mental dapat membantu mengurangi stigma dan mendorong lebih banyak orang untuk mencari bantuan.

 

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Indra Syarief , Sp.M
Mata
dr. Eva Permata Sari , Sp.KFR
dr. Eva Permata Sari , Sp.KFR
Rehabilitasi Medik
dr. Amriansyah Pranowo, , SpB
dr. Amriansyah Pranowo, , SpB
Bedah Umum
Dr. D. Fitria , SpB
Dr. D. Fitria , SpB
Bedah Umum
dr,. Andrian Pratomo , SpKJ
dr,. Andrian Pratomo , SpKJ
Psikiatri
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok