Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Waktu yang Ideal untuk Mendapatkan Manfaat Berjalan Kaki

12 Sep, 2023

SARIASIH.com - Lama waktu yang diperlukan untuk mendapatkan dampak kesehatan dari jalan kaki bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk tingkat kebugaran awal, intensitas jalan kaki, dan tujuan kesehatan yang diinginkan.

Namun, terdapat beberapa pedoman umum yang dapat membantu kita untuk memulai:

  1. 30 Menit Sehari, Lima Kali Seminggu: Pedoman kesehatan yang umumnya direkomendasikan adalah berjalan kaki selama minimal 30 menit setiap hari, sebanyak lima kali seminggu. Ini adalah tingkat aktivitas yang dapat memberikan manfaat kesehatan signifikan, terutama dalam meningkatkan kesehatan jantung dan mengendalikan berat badan.
  2. 150 Menit Setiap Minggu: Organisasi kesehatan seperti World Health Organization (WHO) juga merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas fisik aerobik ringan hingga sedang setiap minggu, termasuk jalan kaki. Ini dapat dibagi menjadi sesi-sesi yang lebih pendek, seperti berjalan kaki selama 30 menit, lima kali seminggu.
  3. Terus Tingkatkan Intensitas: Selain durasi, Anda juga dapat mempertimbangkan meningkatkan intensitas jalan kaki Anda. Berjalan lebih cepat atau dengan medan yang lebih menantang, seperti mendaki bukit atau tangga, dapat meningkatkan manfaat kesehatan lebih cepat.
  4. Konsistensi Adalah Kunci: Yang terpenting adalah konsistensi. Melakukan jalan kaki secara teratur jauh lebih baik daripada hanya sesekali melakukan aktivitas fisik yang intens. Jadwalkan waktu untuk berjalan kaki dalam rutinitas harian Anda sehingga menjadi kebiasaan.
  5. Konsultasikan dengan Dokter: Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau belum biasa berolahraga, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai program jalan kaki atau aktivitas fisik yang lebih intens. Dokter dapat memberikan saran khusus sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Setiap usaha untuk meningkatkan aktivitas fisik adalah langkah positif menuju kesehatan yang lebih baik. Meskipun manfaat kesehatan dapat terlihat dengan jalan kaki selama 30 menit sehari, perlahan-lahan meningkatkan intensitas dan durasi akan memberikan manfaat yang lebih besar.

Perlu diperhatikan untuk senantiasa mendengarkan tubuh kita agar disesuaikan dengan tingkat kenyamanan dan kemampuan kita dalam melakukan pergerakan jalan kaki.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Tubagus Izzul Barr Yusuf , Sp.B., FINACS, FICS.
dr. Tubagus Izzul Barr Yusuf , Sp.B., FINACS, FICS.
Bedah Umum
dr. Mimin Supriatin , SpN
Saraf
dr. Emma Savitri , Sp. THT-BKL
THT
dr. Teddy Septianto , SpPD
dr. Teddy Septianto , SpPD
Penyakit Dalam
drg. SRI ISTIANAH
drg. SRI ISTIANAH
Gigi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok