Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Ketika Musim Hujan

17 Feb, 2020

SARIASIH.com – Tubuh anak rentan terhadap penyakit, seringkali mereka harus menderita pilek atau batuk. Sayangnya kedua permasalahan tersebut dapat mengganggu aktivitas anak yang sedang bersemangat untuk mempelajari hal-hal baru.

Sesungguhnya sistem imun anak belum sempurna seperti yang dimiliki orang dewasa. Terlebih mereka juga belum bisa memperkirakan mana hal yang sifatnya bersih atau kotor. Akibatnya anak menjadi lebih rentan terpapar bibit-bibit penyakit.

Masuknya musim hujan membuat orang tua perlu menjaga daya tahan tubuh Si kecil agar tetap aktif dan tumbuh kembangnya tidak terganggu, ada beberapa tips yang perlu diketahui supaya daya tahan tubuh anak tetap bekerja secara optimal, pertama, penuhi kebutuhan nutrisinya.

Jika anak masih bayi, maka ibu bisa memberikan ASI sebagai makanan utama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Ketika usianya sudah bertambah, maka kombinasikan asupannya dengan buah dan sayur seperti wortel, kacang hijau, jeruk, stroberi, dan brokoli.

Namun berikan Si kecil makanan dengan porsi secukupnya karena jika berlebihan maka dapat membuat mereka rentan memiliki berat badan yang berlebih.

Kedua, istirahat yang cukup. Sesungguhnya anak memiliki jam tidur sesuai dengan usiannya, jika hal tersebut tidak terpenuhi maka kinerja sistem daya tahan tubuhnya dapat terganggu. Jika Si kecil tidak mau tidur siang, maka ajak anak agar tidur malam lebih cepat agar jumlah waktu istirahat bisa terpenuhi.

Ketiga, mengajak anak untuk bergerak. Salah satu aktivitas yang membuat sistem daya tahan tubuh anak meningkat adalah olahraga secara rutin. Jika mereka tidak mau melakukannya di rumah, ibu bisa membawa anak ke taman, tempat tersebut terkesan lebih menarik.

Keempat, cek kesehatan anak secara rutin. Pergi ke dokter untuk cek kesehatan Si kecil adalah hal yang baik meski keadaan mereka tidak sedang sakit. Hal tersebut baik dilakukan secara berkala untuk meninjau kemungkinan terjadinya penyakit dengan gejala yang disepelekkan atau sulit diketahui.

Jika daya tahan tubuh anak menurun, Ibu bisa mendatangi dokter spesialis anak di RS Sari Asih Cipondoh. Untuk mengetahui jadwal dokter yang ingin dituju bisa mengakses www.sariasih.com atau mehubungi nomer 021-22263738.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Azizah Az Zahra , SpKJ
dr. Azizah Az Zahra , SpKJ
Psikiatri
dr. Yurnita Arifin , Sp.THT-KL
dr. Yurnita Arifin , Sp.THT-KL
THT
dr. Fiki Apriliano Risenta , SpB
dr. Fiki Apriliano Risenta , SpB
Bedah Umum
dr. Arifin Kurniawan K , SpA., MKes., CHt
dr. Arifin Kurniawan K , SpA., MKes., CHt
Anak
dr. Aprida Situngkir , SpS
dr. Aprida Situngkir , SpS
Saraf
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok