Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Tips Agar Bayi Tetap Mendapat ASI Ekslusif Meski Ibu Bekerja

03 Aug, 2023

SARIASIH.com – Air Susu Ibu (ASI) ekslusif merupakan hak bayi, dan selama enam bulan pertama kehidupannya bayi hanya diberi ASI tanpa tambahan makanan atau minuman lain seperti, susu formula, jus atau makanan lain selama periode tersebut.

Meski demikian, setiap situasi ibu dan bayi bisa berbeda, tidak semua ibu memiliki kondisi yang sama dalam memenuhi kebutuhan ASI ekslusif kepada bayinya. Banyak para ibu harus bekerja dan meninggalkan bayinya saat periode tersebut berjalan.

Ibu pekerja masih dapat menyusui bayi mereka meskipun tengah bekerja dengan beberapa strategi dan perencanaan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu ibu tetap menyusui saat bekerja:

  1. Pompa ASI: Perencanaan yang paling penting adalah dengan memompa ASI selama bekerja. Ibu dapat menggunakan alat pompa ASI elektrik atau manual untuk mengumpulkan ASI saat mereka tidak bersama bayi. Idealnya, lakukan pompa ASI setiap kali bayi biasanya akan menyusu.
  2. Pompa di Tempat Kerja: Pastikan ada fasilitas di tempat kerja untuk memompa ASI secara pribadi dan nyaman. Beberapa perusahaan memiliki tempat yang aman bagi ibu untuk memompa ASI di tempat kerja.
  3. Atur Jadwal Pompa: Buat jadwal pompa yang konsisten untuk menjaga produksi ASI tetap stabil. Cobalah untuk memompa ASI pada jam yang sama setiap hari, jika memungkinkan.
  4. Simpan ASI dengan Benar: Simpan ASI yang dipompa dengan benar di dalam kantong plastik ASI atau botol ASI yang tahan suhu dingin di kantor a Pastikan untuk memberi label dan tanggal pada setiap wadah ASI.
  5. Komunikasi dengan Pengasuh Bayi: Jika bayi dirawat oleh pengasuh atau di titipkan, berkomunikasi dengan mereka tentang pentingnya memberikan ASI pada jadwal yang konsisten dan cara menyimpan ASI yang telah dipompa.
  6. Tetap Cukup Cairan dan Nutrisi: Pastikan ibu minum cukup air dan mengonsumsi makanan yang sehat untuk menjaga produksi ASI yang cukup untuk bayi .
  7. Istirahat yang Cukup: Cobalah untuk mendapatkan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan anda, yang juga berdampak pada produksi ASI.
  8. Berbicaralah dengan Penyedia Kesehatan: Jika anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait menyusui saat bekerja, bicarakan dengan penyedia kesehatan Anda atau konsultan laktasi untuk mendapatkan dukungan dan informasi yang tepat.

Dengan perencanaan yang baik dan dukungan yang tepat, banyak ibu yang dapat berhasil menyusui bayi mereka meskipun sedang bekerja. Perlu diketahui bahwa setiap ibu dan bayi adalah unik, jadi carilah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan anda dan bayi anda.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Amelia Fitria Dewi , Sp.PD
dr. Amelia Fitria Dewi , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Fitria Chandra Nugraheni , SpS
dr. Fitria Chandra Nugraheni , SpS
Saraf
drg. Rani Handayani , Sp.PM
drg. Rani Handayani , Sp.PM
Penyakit Mulut
dr. Cut Arsy Rahmi , Sp.JP
dr. Cut Arsy Rahmi , Sp.JP
Jantung
dr. ADE RUSMIATI , Sp.P
dr. ADE RUSMIATI , Sp.P
Paru
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok