Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Taklukan Asthma Dengan Mengetahui Pemicunya

18 May, 2018

SARIASIH.com - Jumlah penderita Asthma di Indonesia masih tergolong tinggi. Data dari WHO 2014 menyebutkan, penyakit tersebut menjadi penyebab kematian ke-19 di negara ini. Tidak hanya Indonesia, namun Asthma juga masih menjadi masalah kesehatan hampir disemua belahan dunia.

Asthma adalah suatu penyakit yang mana penderitanya akan mengalami suatu kondisi penyempitan dan pembengkakan saluran udara sehingga mengahasilkan lendir ekstra. Hal ini lah yang membuat penderita mengalami sesak napas hingga menimbulkan gejala seperti mengi dan batuk terutama pada malam hari.

Belum ada kepastian penyebab dari penyakit ini, namun ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu kemunculannya seperti pertama, Infeksi paru-paru yang menyerang saluran pernapasan. Kedua, terkena alergi dikarenakan bulu hewan, tungau debu dan serbuk bunga.

Ketiga, terpapar dengan zat di udara seperti asap kimia, asap rokok, dan polusi udara. Keempat, kondisi cuaca yang didukung dengan kualitas udara yang buruk, lembab dan perubahan suhu yang drastis.

Keenam, stres, aktivitas fisik seperti olahraga, obat-obatan, makanan atau minuman yang mengandung sulfit, hingga penyakit yang menyebabkan dimana asam lambung naik ke kerongkongan dan membuat saluran cerna bagian atas iritasi.

Hal tersebut perlu diketahui sejak dini, karena jika Asthma memburuk secara signifikan maka hal yang akan muncul adalah serangan Asthma, dimana terkadang serangan yang terjadi bisa mengancam nyawa seseorang.

Kategori yang memicu penderita akan mengalami serangan Asthma diantaranya Inhaler yang digunakan tidak meredakan gejala, batuk atau mengi yang semakin parah, kesulitan untuk berbicara, makan, hingga tidur akibat sesak napas, bibir dan jari terlihat biru, denyut jantung yang meningkat,serta dilanda pusing, lelah atau mengantuk.

Sebagian penderita akan mengalami serangan tersebut dalam kurun waktu 6 sampai 24 jam atau bahkan beberapa hari kemudian, namun ada juga penderita yang gejalanya memburuk dengan sangat cepat dan kurang dari waktu tersebut.

Adapun pengobatan yang bisa dilakukan jika serangan datang, Anda bisa mendatangi RS Sari Asih untuk mendapatkan penganan yang lebih lanjut. Kami memiliki dokter yang kompeten dan ahli di bidangnya. Jadwal praktek dan booking bisa di ketahui melalui situs www.sariasih.com dan jika anda berlokasi di daerah Ciputat, RS. Sari Asih juga menyedikan nomer WhatsaApp 0815 8700 700 untuk memudahkan Anda menghubungi kami.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Rista Harwita Putri , Sp.A
dr. Rista Harwita Putri , Sp.A
Anak
drg. Vini Isa K
drg. Vini Isa K
Gigi
Dr. Diana Apriliyana Nur , SpOG
Dr. Diana Apriliyana Nur , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Adimas Fajar Hartono , SpAN
dr. Adimas Fajar Hartono , SpAN
Anestesi
dr. Yanti Ria , Sp.THT
dr. Yanti Ria , Sp.THT
THT
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok