Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Sudahkah Mengukur Tekanan Darah Anda?

11 Jul, 2017

SARIASIH.com – Salah satu penyakit yang tersembunyi dan sulit terdeteksi adalah hipertensi. Hipertensi adalah kondisi tekanan darah tinggi.

Tekanan darah merupakan sebuah kekuatan darah yang mendorong dinding arteri dari jantung yang memompa. Jika tekanan darah terlalu tinggi maka akan mengganggu sirkulasi darah.

Dalam sebuah kesempatan, dokter RS Sari Asih Karawaci, dr Dimas Adriyanto menyebutkan tekanan darah normal adalah 120/80. Dan seseorang bisa disebut mengidap hipertensi atau memiliki darah tinggi jika angkanya berada di sekitar 140/90 mm Hg.

“Tekanan darah tinggi atau hipertensi ialah meningkatnya tekanan darah dalam jangka waktu lama dengan tekanan darah lebih dari seratus empat puluh per sembilan puluh millimeter Hg,” ujar dr Dimas Adriyanto.

Sejauh ini, banyak yang tidak menyadari dengan kondisi tekanan darahnya. Ketika timbul gejala-gejala seperti sakit kepala, pandangan mata kabur, terasa berat pada tengkuk, nyeri dada dan pendarahan di hidung yang tiba-tiba, barulah disadari jika terdapat gangguan pada sirkulasi darahnya.

“Diketahui sembilan dari sepuluh orang yang menderita hipertensi tidak dapat diidentifikasi penyebab penyakitnya. Itulah sebabnya hipertensi dijuluki pembunuh diam-diam atau silent killer,” ujar dr Dimas Adriyanto mewanti-wanti.

Bukan tanpa alasan memang dr Dimas Adriyanto menggolongkan hipertensi sebagai penyakit yang mematikan. Dampak dari komplikasi penyakit ini dapat menyerang retina mata yang bisa membuat kehilangan penglihatan. Selain itu juga bisa menyerang ginjal yang berdampak gagal ginjal, dan terparah, menyebabkan serangan jantung.

Cara termudah mencegah tekanan darah tinggi yang disarankan dr Dimas Adriyanto ialah dengan sesegera mungkin merubah pola gaya hidup.

“Mengatur pola makan, olahraga teratur, hindari stress, jangan merokok dan minum alkohol serta mengatur keseimbangan antara kerja, istirahat dan rekreasi,” terang dr Dimas Adriyanto.

Bukan menakuti, tapi inilah kenyataannya, jika sudah terdampak, tidak ada obat hipertensi yang dapat menyembuhkan, yang ada, sifatnya hanya mengontrol dan harus dikonsumsi seumur hidup dan teratur, karena jika lalai, tekanan darah akan tinggi kembali.

Jadi, sudahkah anda memeriksa tekanan darah anda?

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Rahmatina , SpKK
dr. Rahmatina , SpKK
Kulit & Kelamin
dr. Hj. Riani Indiyarti, Sp.S
dr. Hj. Riani Indiyarti, Sp.S
Saraf
dr. Evi Handayani , Sp. THT-KL
dr. Evi Handayani , Sp. THT-KL
THT
drg. Asoh Khulasoh
drg. Asoh Khulasoh
Gigi
dr. Oeryana Agustin , SpP
dr. Oeryana Agustin , SpP
Paru
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok