Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Sudah Tahu Fungsi Jantung? Ketahui Lengkapnya

02 Oct, 2023

SARIASIH.com - Jantung merupakan organ penting di dalam tubuh manusia yang salah satu fungsinya bertugas untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia, dikarenakan penting nya organ jantung ini, maka kita wajib menjaga kesehatan jantung kita.

Berikut ini adalah adalah fungsi jantung yang perlu kita ketahui :

  1. Pompa Darah: Fungsi utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Ini adalah proses yang berkelanjutan dan vital untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh dan menghilangkan produk limbah seperti karbon dioksida.
  2. Sirkulasi Darah: Jantung bertindak sebagai pompa pusat dalam sistem peredaran darah. Darah yang dikeluarkan oleh jantung disebut darah arteri, yang mengandung oksigen dan nutrisi. Jantung juga menerima kembali darah vena, yang mengandung karbon dioksida dan produk limbah, untuk kemudian dipompa ke paru-paru untuk diberi oksigen lagi.
  3. Memelihara Tekanan Darah: Jantung juga berperan dalam menjaga tekanan darah yang diperlukan untuk memastikan aliran darah yang efisien ke seluruh tubuh. Ini terjadi karena kontraksi jantung yang beraturan.
  4. Mempertahankan Sirkulasi Jaringan: Jantung memastikan aliran darah yang berkelanjutan ke semua jaringan dan organ tubuh. Tanpa aliran darah yang memadai, sel-sel tubuh tidak akan mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan, yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan gangguan fungsi organ.
  5. Menjaga Suhu Tubuh: Darah yang disirkulasikan oleh jantung membantu dalam menjaga suhu tubuh yang konstan. Ini berperan dalam mengatur suhu tubuh yang optimal untuk fungsi sel-sel dan organ.
  6. Mengatur Keseimbangan Cairan: Jantung juga membantu dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dengan mengatur aliran darah ke ginjal. Ginjal kemudian mengeluarkan kelebihan cairan dan produk limbah melalui urin.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Lusiana Kartininingsih , SpA
dr. Lusiana Kartininingsih , SpA
Anak
dr. Beatrix Siregar , M.Ked (Ped), SpA
dr. Beatrix Siregar , M.Ked (Ped), SpA
Anak
dr. Uliandri Amrullah , SpKJ
dr. Uliandri Amrullah , SpKJ
Psikiatri
dr. Rifqi Averrouza , Sp.KFR
dr. Rifqi Averrouza , Sp.KFR
Rehabilitasi Medik
dr. Bagus Baskoro , SpU
dr. Bagus Baskoro , SpU
Urologi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok