Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

STOP TUBERCULOSIS

02 May, 2018

SARIASIH.com – Kebersihan lingkungan masih menjadi masalah pokok Indonesia yang belum terselesaikan hingga saat ini. Salah satu dampak yang dihasilkan dari permasalahan tersebut adalah tingginya penderita Tuberculosis di Indonesia yang membawa hingga posisi kedua dunia dalam WHO Global Tuberculosis Report 2016. Bukan hanya itu, bahkan banyak dari calon para pegawai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di beberapa negara salah satunya Malaysia yang dipulangkan karena menderita penyakit yang penularannya melalui udara ini.

TBC disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis yang ditujukan untuk menyerang si calon penderita. Yang membuat penyakit ini  perlu diperhatikan karena penularannya, jika ada salah satu anggota keluarga yang terkena, hampir dipastikan penyakit tersebut akan segera bergiliran. Hal ini juga diakibatkan tingkat kemiskinan di Indonesia yang tinggi sehingga pengetahuan dan kesadaran pun ikut rendah terlebih lagi penduduk yang diserang yaitu pendudukan kota dengan usia aktif.

Kondisi ini juga menjadi konsentrasi pemerintah, terbukti TBC menjadi salah satu masalah yang dibahas pada Rakerkesnas Kesehatan pada Maret lalu.  Penyakit ini masih menjadi  momok yang menakutkan bagi sebagian orang karena isu penularannya yang mudah, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa untuk tertular hingga menjadi penderita tidak semudah yang dibayangkan.

Peluang terbesarnya adalah orang-orang yang sering bertemu atau berdiam di tempat yang sama dengan penderita, seperti keluarga, teman sekantor atau teman sekelas. Titik yang pertama akan di serang adalah sistem kekebalan tubuh atau imun. Ketika imun tidak berhasil menyingkiri bakteri, maka bakteri akan berdiam di paru-paru. Bakteri tersebut akan berdiam di paru dan akan menginfeksi orang lain ketika daya tahan tubuh sedang rendah.

Hal ini bisa dicegah jika ada sinergitas pemerintah dengan masyarakat yang berekonomi ke bawah dengan cara mengedukasi ke rumah-rumah mereka secara rutin untuk sosialisasi pencegahan yang bisa dilakukan. Bagi masyarakat pun juga perlu meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan yang bisa menjadi sumber segala penyakit bukan hanya mengundang TBC namun penyakit yang lain pun juga bisa menjadi tamunya.

TBC termasuk dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia.  Untuk mencegah penyakit tersebut, RS Sari Asih menghadirkan para dokter spesialis paru yang kompeten untuk melayani masyarakat yang sudah menjadi penderita atau hanya konsultasi saja. Jadwal praktek yang bisa dikunjungi pada hari Senin jam 10.00 – 14.00 wib dan Jumat 09.00-15.00 wib atau bisa hubungi kami di (021) 5522794.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Imam Dirgantara , Sp.U
dr. Imam Dirgantara , Sp.U
Urologi
drg. Dessy Rosmelita , sp.Perio
drg. Dessy Rosmelita , sp.Perio
Gigi
dr. Ahmad Sofian , Sp.PD
dr. Ahmad Sofian , Sp.PD
Penyakit Dalam
Ibu. Mahesti Pertiwi , M.Psi
Ibu. Mahesti Pertiwi , M.Psi
Psikolog Klinis
dr. Reza Abidin , SpOT
Ortopedi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok