Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Sering Wasir? Tenang, ada Solusi tanpa Operasi

07 Feb, 2024

SARIASIH.com - Ambeien, yang juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus dan rektum mengalami pembengkakan atau peradangan. Wasir dapat terjadi baik di dalam maupun di luar anus.

Dokter Spesialis Bedah RS IMC Bintaro (RS Sari Asih Group), Kota Tangerang Selatan, dr. Johanes Berechmans P. Rumaratu, Sp.B, menerangkan bahwa kondisi umum terjadinya wasir adalah akibat peningkatan aliran darah vena di sekitar Anus, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi antara lain:

Konstipasi berulang:

Konstipasi atau kesulitan BAB biasanya disebabkan oleh kotoran atau feses yang keras, sehingga harus mengedan saat BAB. Hal ini menyebabkan tekanan pembuluh darah Vena di area anus meningkat.

Diare:

Diare yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan iritasi dan memperberat kondisi wasir.

Kehamilan:

Selama kehamilan juga dapat terjadi wasir karena adanya perubahan hormonal dan peningkatan tekanan pada rongga perut dan panggul , pada kondisi tersebut tekanan pembuluh darah vena area panggul dan sekitar anus akan meningkat.

Sering duduk dalam waktu lama:

Gaya hidup yang melibatkan duduk dalam waktu lama, terutama di toilet, dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di area anus.

Faktor genetik:

Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengembangkan ambeien.

“Gejala umum ambeien atau wasir meliputi rasa gatal, nyeri,  perdarahan saat buang air besar, dan adanya benjolan di area anus. Beberapa kasus ambeien atau wasir dapat memerlukan perawatan medis berupa tindakan invasif dari dokter bedah, sementara yang lain mungkin dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup, seperti peningkatan asupan serat, minum cukup air putih, dan olahraga teratur seperti jogging ” ujar dr. Johanes Berechmans P. Rumaratu, Sp.B.

Dalam beberapa kasus yang parah, penanganan wasir diperlukan teknik pembedahan. Namun seiring perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan yang semakin maju, kini wasir sudah dapat ditangani lebih dini sebelum kondisi wasir menjadi lebih berat. dengan Teknik Paran Injection Ligation for Ambeien (PILA).

“Paran Injection Ligation for Ambeien merupakan salah satu metode pengobatan tanpa pembedahan untuk ambeien atau wasir. Metode ini melibatkan penggunaan alat ligator untuk mengikat pembuluh darah wasir dan obat injeksi untuk menyusutkan pembuluh darah pada ambeien,” terang dr. Johanes Berechmans P. Rumaratu, Sp.B.

Teknik Paran Injection Ligation for Ambeien disebutkan dr. Johanes Berechmans P. Rumaratu, Sp.B, sangat efektif dalam mengatasi wasir terutama yang tidak merespons baik terhadap perubahan gaya hidup atau pengobatan konservatif lainnya.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Ferdy Mayo , Sp.B,M.Kes
dr. Ferdy Mayo , Sp.B,M.Kes
Bedah Umum
dr. Johanes Berechmans P. R. , SpB
dr. Johanes Berechmans P. R. , SpB
Bedah Umum
dr. M. Prechilian Lentera Sukma, , Sp.B
Bedah Umum
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok