Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Seperti Apa Kriteria Balita Sehat?

09 Aug, 2023

SARIASIH.com – Setiap orang tua pasti memiliki pengalaman tersendiri dengan memiliki bayi yang sehat. Namun yang pasti pengalaman tersebut dipenuhi dengan rasa cinta dan bahagia.

Seperti apa kriteria bayi yang sehat? Berikut adalah kriteria umum yang bisa menjadi acuan bayi dikatakan sehat.

  1. Berat Badan Lahir Normal:

World Health Organization menyatakan bayi dengan berat badan lahir antara 2,5 hingga 4,0 kilogram umumnya dianggap normal. Ini mencegah masalah terkait berat badan rendah lahir, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan bayi.

2. Pernapasan Normal:

American Academy of Pediatrics. (2015). Guidelines for Perinatal Care, 8th Edition, menyatakan pernapasan yang teratur dan tanpa masalah, tanpa tanda-tanda distres pernapasan, merupakan tanda bayi yang sehat.

3. Tidak Ada Gejala Infeksi atau Komplikasi Kesehatan Serius:

Newborn and Infant Physical Examination (NIPE) Screening Programme. (2016). UK National Screening Committee menyebutkan bahwa bayi sehat tidak memiliki tanda-tanda infeksi atau komplikasi kesehatan yang serius seperti demam tinggi, kejang, atau masalah kardiovaskular.

4. Aktivitas Fisik Normal:

The Journal of Pediatrics (1981) menuliskan bahwa bayi sehat yang aktif, mampu bergerak, dan merespons rangsangan dengan baik adalah tanda kesehatan.

5. Kemampuan Menyusu dengan Baik:

World Health Organization. (2003). Global strategy for infant and young child feeding, menyatakan bayi yang sehat adalah mampu menyusu dengan baik, memiliki reflek hisap yang baik, dan mendapatkan nutrisi yang cukup.

6. Pertumbuhan yang Memadai:

World Health Organization. (2006). WHO Child Growth Standards, menyebutkan bayi sehat memiliki pertumbuhan yang sesuai dengan standar pertumbuhan yang umum digunakan untuk berat badan, panjang, dan lingkar kepala.

7. Aktivitas Sosial dan Interaksi:

A synactive model of neonatal behavioral organization (1986) menyatakan bahwa bayi sehat itu bayi yang merespons secara sosial dan dapat berinteraksi dengan orang lain dan lingkungannya.

8. Fungsi Pencernaan yang Normal:

Kleinman, R. E., & Greer, F. R. (2010). Pediatric nutrition handbook, menyebutkan bayi sehat memiliki fungsi pencernaan yang baik, termasuk kemampuan makan dan mengeluarkan kotoran dengan lancar.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Fitri Wisnuwardani , SPM
dr. Fitri Wisnuwardani , SPM
Mata
dr. Hikmah Kurniasari , MKM
dr. Hikmah Kurniasari , MKM
Klinik Laktasi
dr. Rifqi Averrouza , Sp.KFR
dr. Rifqi Averrouza , Sp.KFR
Rehabilitasi Medik
dr. Yurnita Arifin , Sp.THT-KL
dr. Yurnita Arifin , Sp.THT-KL
THT
Dr. Rosie , SpB-TKV
Dr. Rosie , SpB-TKV
Bedah Toraks Kardiovaskular
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok