Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Sehatkah Sahur Dengan Mie Instan?

05 May, 2020

SARIASIH.com – Mudah dan praktis, adalah keunggulan mie instan dibandingkan makanan lain. Terlebih ketika sahur, mata yang masih mengantuk dan terasa berat untuk beraktivitas, membuat mie instan dianggap sebagai asupan yang cocok.

Sebenarnya banyak orang yang sudah menyadari jika mie instan bukanlah makanan yang sehat. Ahli kesehatan pun juga mengiyakan, bahwasannya mie instan hanya terdiri dari kandungan kalori dan karbohidrat sehingga tidak ada keuntungannya bagi tubuh dari segi nutrisi.

Anjuran untuk menghindari konsumsi mie instan untuk dijadikan menu sahur perlu dipertimbangan berkali-kali. Sebab untuk bisa bertahan selama lebih dari dua belas jam ketika berpuasa, tubuh memerlukan asupan gizi yang cukup, sehingga penting sifatnya untuk mengonsumsi serat, mineral, vitamin, protein dan lemak ketika sahur.

Secara komposisi, mie instan terbuat dari bahan tepung. Tepung adalah bentuk gula sederhana yang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga jangan heran jika setelah beberapa saat konsumsi mie instan, kemudian rasa lapar datang kembali.

Sedangkan ketika berpuasa tubuh memerlukan banyak cadangan glukosa agar bisa tetap bertahan, namun kandungan mie instan tidak menyediakan hal tersebut. Pada akhirnya tubuh akan kehilangan tenaga menjelang siang hari. Selain itu, bahan pengawat yang ada didalamnya juga tidak baik bagi tubuh.

Mie instan juga kaya akan garam, sifat garam dapat menarik cairan. Alhasil tubuh akan sangat berisiko mengalami dehidrasi dan haus seharian. Ketika dehidrasi bisa ditandai denggan mulut kering dan lengket, mudah mengantuk serta lelah, sakit kepala, warna urine gelap bahkan hingga bisa tidak sadarkan diri.

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi mie instan ketika sahur, namun perlu adanya tambahan bahan lain seperti sayuran. Macam jenis sayuran yang dapat dipilih seperti bayam, sawi, kangkung, tomat, wortel atau mentimun.

Karena sayuran memiliki kandungan zat besi, vitamin, antioksidan dan berbagai mineral penting lainnya sehingga  membuat tubuh tetap terasa fit ketika berpuasa. Tidak hanya itu, ketika mengonsumsi sayuran tubuh dapat melawan radikal bebas, memastikan produksi sel darah merah tetap normal dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Untuk menambah kelezatan, daging ayam, daging sapi, ikan atau telur bisa menjadi pelengkap gizi agar menjadi seimbang. Mengonsumsi daging-dagingan dapat menguntungkan tubuh karena adanya kandungan lemak dan protein yang tercukupi.

Jika beberapa hari ini selalu mengonsumsi mie instan ketika sahur dan mulai mengalami adanya penurunan kesehatan, maka gunakan layanan Chat Dokter untuk bisa menanyakan terkait keluhan yang dialami. Layanan tersebut bisa ditemukan melalui www.sariasih.com atau aplikasi Sari Asih Online.

Chat Dokter beroperasi setiap hari Senin-Jum’at pada pukul 09:00-15 dan Sabtu 09:00-14:00. Pastikan chat pada hari dan waktu yang sudah ditentukan agar keluhan yang ditanyakan dapat terjawab.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Uliandri Amrullah , SpKJ
dr. Uliandri Amrullah , SpKJ
Psikiatri
dr. Melyana , SpJP
dr. Melyana , SpJP
Jantung
dr. Mediana , Sp.THT
dr. Mediana , Sp.THT
THT
drg. Zuhana Fitri Harahap , Sp.KG
drg. Zuhana Fitri Harahap , Sp.KG
Gigi Konservasi
drg. Agusnidar
drg. Agusnidar
Gigi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok