Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Rutin MCU Mampu Deteksi Penyakit Serius

05 Jan, 2024

SARIASIH.com - Banyak orang tidak menyadari pentingnya Medical Check-up /MCU (pemeriksaan kesehatan rutin), terutama jika mereka merasa sehat dan tidak memiliki gejala. Beberapa orang mungkin memprioritaskan kebutuhan lain di atas kesehatan mereka, terutama jika mereka merasa baik-baik saja.

Jika seseorang merasa sehat, mereka mungkin berpikir bahwa mereka tidak perlu medical check-up. Ini sering menyesatkan karena faktanya, banyak kondisi kesehatan serius tidak menunjukkan gejala pada tahap awal.

Dokter RS IMC Bintaro (RS Sari Asih Group), dr. Harry Leksono Adhiputro, menerangkan bahwa sebenarnya medical check-up atau pemeriksaan kesehatan secara berkala memiliki beberapa manfaat penting, baik untuk mendeteksi masalah kesehatan dini maupun untuk pemeliharaan kesehatan jangka panjang.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari medical check-up menurut dr. Harry Leksono Adhiputro:

  1. Deteksi Dini Penyakit: Medical check-up dapat membantu dalam mendeteksi penyakit pada tahap awal, ketika mereka lebih mudah dan efektif untuk diobati. Ini termasuk penyakit seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi.
  2. Pencegahan Penyakit: Pemeriksaan rutin memungkinkan dokter untuk memberi nasihat tentang gaya hidup dan kebiasaan sehat untuk mencegah penyakit.
  3. Pemantauan Kesehatan: Untuk mereka yang sudah memiliki kondisi kesehatan tertentu, pemeriksaan berkala penting untuk memantau keadaan dan efektivitas pengobatan.
  4. Update Vaksinasi: Medical check-up seringkali termasuk pembaruan vaksinasi yang diperlukan, yang penting untuk pencegahan penyakit.
  5. Pengurangan Biaya Kesehatan Jangka Panjang: Dengan mendeteksi dan mengobati masalah kesehatan lebih awal, biaya kesehatan jangka panjang dapat dikurangi.
  6. Perencanaan Kesehatan Personal: Hasil medical check-up dapat digunakan untuk membuat atau menyesuaikan rencana kesehatan personal, termasuk diet dan olahraga.
  7. Kesadaran Kesehatan Diri: Melalui medical check-up, seseorang menjadi lebih sadar terhadap kondisi kesehatan mereka sendiri, yang memotivasi mereka untuk mengambil langkah-langkah proaktif untuk menjaga kesehatan.
  8. Peningkatan Umur Panjang dan Kualitas Hidup: Pemeriksaan kesehatan rutin dapat membantu meningkatkan umur panjang dan kualitas hidup secara keseluruhan.
  9. Rujukan dan Saran Profesional: Jika ada masalah yang teridentifikasi, dokter dapat memberikan rujukan ke spesialis atau memberikan saran untuk perawatan lebih lanjut.

“Frekuensi dan jenis medical check-up yang diperlukan dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan, dan faktor risiko individu,” tutup dr. Harry Leksono Adhiputro.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Amriansyah Pranowo, , SpB
dr. Amriansyah Pranowo, , SpB
Bedah Umum
dr. Olly Congga , SpM
dr. Olly Congga , SpM
Mata
dr. Rahmad Rian , SpOT
Ortopedi
dr. Ika Fitrika , sp.KK
dr. Ika Fitrika , sp.KK
Kulit & Kelamin
dr. Mardlatillah , SpJP-FIHA
dr. Mardlatillah , SpJP-FIHA
Jantung
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok