Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Rambut Rontok

18 Feb, 2020

SARIASIH.com – Rambut rontok sebenarnya adalah hal yang normal. Masih dianggap wajar jika kerontokan sebanyak 50 sampai 100 helai perhari. Hal tersebut dikarenakan rambut baru akan tumbuh dan menggantikan rambut yang gugur.

Namun jika dilihat secara kesehatan, ada batasan yang jika melampaui hal tersebut pertanda adanya gangguan kesehatan yang diderita, mulai dari yang paling sederhana seperti kurang vitamin hingga masalah yang lebih serius.

Umumnya kerontokan hingga kehilangan rambut adalah permasalaan yang harus diderita sebagian pria, namun tidak menutup kemungkinan perempuan juga mengalami hal yang sama. Ada beberapa faktor-faktor dari rambut rontok, pertama, stress.

Siklus rambut normalnya diawali dengan masa pertumbuhan, masa istirahat dan masa rontok. Ketika dalam kondisi piskologi yang tertekan, maka akan mempercepat fase yang terakhir. Kondisi ini akan membaik seiring dengan proses pemulihan tubuh seperti sedia kala.

Kedua, kekurangan protein. Rambut dan makanan memilki hubungan yang begitu erat, karena rambut terbuat dari protein yang disebut keratin, jika asupannya terlalu rendah maka akan melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan.

Sebagai solusinya, mengonsumsi ikan, daging dan telur dapat memperbaiki keadaan. Selain itu kacang-kacangan, buah dan sayuran seperti brokoli, asparagus, serta jagung juga turut berkontribusi dalam pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Ketiga, keturunan. Penyebab paling umum dari kerontokan rambut adalah karena genetik. Jika pada kondisi normal rambut yang rontok akan tumbuh dengan ukuran yang sama, namun pada kasus ini rambut yang baru akan memiliki tekstur yang semakin halus dan tipis.

Hal tersebut dikarenakan folikel atau kantong kelenjar rambut yang mengecil dan lambat laun pertumbuhannya akan berhenti.

Keempat, penggunaan produk rambut yang tidak cocok. Cat rambut, bleaching hingga menjadikan pemanas rambut sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari adalah salah satu faktor rambut menjadi rontok.

Hairdrayer dan catokan faktanya dapat merusak sifat alami rambut. Akhirnya rambut akan menjadi rusak, kering dan bercabang. Pemakaian dengan suhu yang terlalu panas juga dapat membuat rambut sulit kembali tumbuh.

Dalam beberapa kasus, rambut yang rontok dapat kembali tumbuh dalam beberapa bulan kemudian. Namun jika sifatnya berlebihan, maka diperlukannya campur tangan medis untuk mendapatkan perawatan khusus.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Widya Ayu Sari , Sp.OG
dr. Widya Ayu Sari , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Harinto , Sp.B
dr. Harinto , Sp.B
Bedah Umum
dr. Hamid Audah , SpB - KBD
dr. Hamid Audah , SpB - KBD
Bedah Digestif
dr. Sudin Sitanggang , Sp.S
dr. Sudin Sitanggang , Sp.S
Saraf
dr. Winarno , Sp.B
dr. Winarno , Sp.B
Bedah Umum
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok