Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Polusi Udara dari Pemembakaran Sampah Ancam Lingkungan dan Kesehatan

23 Aug, 2023

SARIASIH.com - Pembakaran sampah telah menjadi salah satu sumber utama polusi udara di banyak wilayah dan memberikan dampak serius terhadap lingkungan serta Kesehatan.

Sebagian orang menganggap membakar sampah sebagai solusi sementara untuk mengatasi tumpukan sampah, namun praktik ini memiliki konsekuensi jangka panjang yang merugikan.

Pembakaran Sampah dan Polutan Udara

Pembakaran sampah melibatkan proses pembakaran bahan organik dan non-organik dalam jumlah besar. Hasilnya akan mengeluarkan emisi gas beracun, partikel halus, dan senyawa kimia berbahaya ke dalam udara.

Partikel-partikel kecil seperti PM2.5 dan senyawa kimia seperti dioksida sulfur dan nitrogen dioksida dapat merusak kualitas udara dan mengancam kesehatan manusia.

Dampak Lingkungan dan Ekosistem

Pembakaran sampah menghasilkan emisi karbon dioksida (CO2), gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim global. Selain itu, senyawa kimia beracun yang dihasilkan dari pembakaran dapat mencemari tanah dan air, mengancam keberlanjutan ekosistem dan keberagaman hayati.

Sampah yang dibakar juga dapat mengeluarkan logam berat dan senyawa beracun lainnya yang berdampak negatif pada ekosistem dan keseimbangan ekologis.

Dampak Kesehatan terhadap Manusia

Paparan polusi udara akibat pembakaran sampah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada manusia. Partikel-partikel PM2.5 yang dihirup dapat memasuki paru-paru dan aliran darah, menyebabkan masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Paparan jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, infeksi saluran pernapasan, dan bahkan kanker.

Alternatif Pengolahan Sampah

Untuk mengatasi masalah polusi udara akibat pembakaran sampah, langkah-langkah berkelanjutan sangat diperlukan seperti :

  • Prioritaskan pengelolaan sampah yang lebih baik, termasuk daur ulang, kompos, dan pembuangan akhir yang aman. Mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir adalah langkah penting.
  • Meningkatkan kesadaran tentang dampak buruk pembakaran sampah dan mendukung praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan.
  • Jika pembakaran sampah diperlukan, teknologi yang ada harus lebih bersih dan efisien untuk digunakan untuk mengurangi emisi polutan.
  • Penerapan sanksi serta regulasi dan kebijakan yang ketat terhadap pembakaran sampah ilegal disertai sosialisasi teknologi pengelolaan sampah modern.
Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Bimo Aryo Tejo,dr.SpKK
dr. Bimo Aryo Tejo,dr.SpKK
Kulit & Kelamin
drg. Ridho Bijaksono
drg. Ridho Bijaksono
Gigi
dr. Virmala Indah Aulia , SpKGA
dr. Virmala Indah Aulia , SpKGA
Gigi Anak
drg. Agusnidar
drg. Agusnidar
Gigi
dr. I.K Astuti. Dr. Sp.P
dr. I.K Astuti. Dr. Sp.P
Paru
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok