Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Pola Tidur yang Berubah dan Kurang Nutrisi Bikin Jadi Ngantukan saat Puasa

14 Mar, 2024

SARIASIH.com - Sering memang dan bahkan sudah menjadi fenomena umum jika di bulan Ramadan banyak orang yang sedang berpuasa terlihat seperti dalam mode ngantukan. Di kantor, di sekolah, sampai di dalam masjid, terlihat ada saja satu atau dua orang yang menguap ngantuk bahkan hingga tertidur.

Ternyata, ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin merasa mengantuk saat berpuasa di bulan Ramadan. Pertama sudah pasti adanya perubahan jadwal tidur. Selama bulan Ramadan, jadwal tidur dan pola makan biasanya berubah.

Banyak orang bangun lebih awal untuk sahur dan kemudian tidur kembali setelahnya. Nah perubahan ini bisa memengaruhi siklus tidur alami seseorang sehingga menyebabkan rasa kantuk di siang hari.

Beberapa hal lain yang membuat ngantukan saat puasa ramadhan menurut Ahli Gizi RS Sari Asih Ciputat, dr. Inayah, SpGK, adalah sebagai berikut  :

Kurangnya Cairan: Saat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan cairan dan nutrisi selama berjam-jam. Kurangnya cairan dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat memengaruhi tingkat energi dan kewaspadaan seseorang, sehingga turut menyebabkan rasa kantuk.

Penurunan Gula Darah: Ketika berpuasa, kadar gula darah dalam tubuh bisa turun karena kurangnya asupan makanan dan minuman. Penurunan ini dapat menyebabkan tubuh kelelahan dan mengantuk.

Aktivitas Fisik yang Menurun: Berbeda dengan hari biasanya, beberapa orang mungkin mengurangi aktivitas fisik selama bulan Ramadan karena khawatir kehilangan energi atau dehidrasi. Akibatnya, aktivitas fisik yang berkurang dapat menyebabkan tubuh merasa lebih lelah dan mengantuk.

Polusi Tidur: Saat berpuasa, sudah pasti pola tidur terganggu karena aktivitas sahur, shalat malam, dan kegiatan lainnya seperti tadarrus Qur’an. Polusi tidur ini dapat mengurangi kualitas tidur dan menyebabkan rasa kantuk di siang hari.

“Untuk mengurangi rasa kantuk saat berpuasa, penting untuk memastikan mendapat tidur yang cukup di malam hari, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi selama sahur dan berbuka, serta tetap terhidrasi dengan baik saat tidak sedang berpuasa,” ujar dr. Inayah, SpGK.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
Dr. Inayah , SpGK
Dr. Inayah , SpGK
Gizi
dr. L. Eka Purwani , SpGK
dr. L. Eka Purwani , SpGK
Gizi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok