Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Pilihan Menu Sarapan Pagi untuk Kesehatan Tubuh

16 Oct, 2023

SARIASIH.com - Sarapan pagi yang sehat disarankan Dokter Spesialis Gizi, RS Sari Asih Karawaci, Kota Tangerang, dr. Anak Agung Eka Widya Saraswati, SpGK, sebaiknya mencakup berbagai macam nutrisi untuk memberikan energi dan memenuhi kebutuhan gizi harian. Beberapa pilihan makanan yang sehat untuk sarapan meliputi:

  1. Oatmeal: Oatmeal adalah sumber serat yang baik dan dapat membantu menjaga perasaan kenyang. Anda dapat menambahkan potongan buah, madu, atau kacang untuk rasa dan nutrisi tambahan.
  2. Yogurt dengan Buah: Yogurt rendah lemak atau yogurt Yunani adalah sumber protein dan probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Tambahkan potongan buah segar, dan Anda memiliki sarapan yang lezat.
  3. Telur: Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi. Anda dapat memasak telur dengan berbagai cara, seperti telur rebus, telur orak-arik, atau telur mata sapi. Telur juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B12 dan D.
  4. Roti Gandum Utuh: Roti gandum utuh adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik. Anda dapat membuat roti bakar dengan selai almond, mentega kacang, atau avocado untuk tambahan lemak sehat.
  5. Smoothie: Smoothie buah dan sayuran adalah cara yang baik untuk mendapatkan sejumlah nutrisi. Anda dapat mencampurkan buah-buahan seperti pisang, berry, sayuran hijau, dan yogurt atau susu almond.
  6. Selai Kacang: Selai kacang adalah sumber protein yang baik. Oleskan selai kacang di atas roti gandum atau tambahkan pada oatmeal atau smoothie.
  7. Buah-buahan Segar: Buah-buahan segar seperti apel, pir, jeruk, dan potongan buah beri adalah sumber serat dan vitamin yang baik.
  8. Kacang-kacangan: Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kenari, atau kacang brazil adalah sumber protein, serat, dan lemak sehat. Anda dapat mengonsumsinya sebagai camilan atau tambahkan ke yogurt atau oatmeal.
  9. Sup Sayuran: Jika Anda suka yang gurih, sup sayuran rendah kalori adalah pilihan yang baik. Anda dapat menambahkan berbagai sayuran dan bahkan potongan ayam atau tahu untuk protein tambahan.
  10. Sereal Sarapan dengan Biji-bijian Utuh: Pilih sereal sarapan yang mengandung biji-bijian utuh dan rendah gula tambahan. Anda dapat menambahkan susu atau yogurt dan potongan buah.

"Sarapan yang sehat membantu memberikan energi dan membantu menjalani hari dengan baik. Selain itu, minum cukup air putih juga sangat penting untuk menjaga hidrasi," ujar dr. Anak Agung Eka Widya Saraswati , SpGK.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Aiza Fitria, Dr. Sp.M
dr. Aiza Fitria, Dr. Sp.M
Mata
dr. Abdullah Fadlol , Sp.U
dr. Abdullah Fadlol , Sp.U
Urologi
dr. Pepita Ayu Suwantari , SpOG
dr. Pepita Ayu Suwantari , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Ajeng Probowati , SpA
dr. Ajeng Probowati , SpA
Anak
Dr. Inayah , SpGK
Dr. Inayah , SpGK
Gizi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok