Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Pertolongan Pertama Ketika Menderita Cantengan

13 Aug, 2020

SARIASIH.com – Cantengan adalah penyakit yang diakibatkan dari infeksi bakteri atau jamur yang berkembang di sekitar kuku tangan atau kaki. Hal tersebut dapat muncul dalam hitungan hari sampai minggu.

Umumnya cantengan bukanlah hal yang berbahaya jika penderita tidak memiliki penyakit gangguan aliran darah atau diabetes. Jika mengalami cantengan, maka pengidap akan merasakan nyeri, khususnya jika terjadi pada kuku kaki ketika mengenakan sepatu.

Cantengan dapat muncul diakibatkan adanya pertumbuhan kuku yang tidak normal. Dimana kuku tumbuh kearah dalam kulit dan menekan jaringan kulit serta daging yang ada di sekitarnya. Pada saat itu kondisi kuku akan berwarna merah, terasa sakit dan lunak, membengkak dan pada kasus tertentu dapat mengalami infeksi.

Orang dengan kuku yang lebih tebal atau melengkung lebih berisiko mengalami cantengan. Selain itu, karena kuku kaki lebih lambat pertumbuhannya dibandingkan kuku tangan, maka kaki, khususnya jempol kaki lebih rentan mengalaminya.

Terdapat sejumlah faktor yang meningkatkan seseorang menderita cantengan seperti cedera kaki, menggunakan sepatu atau kaus kaki yang terlalu sempit, genetik hingga tingkat kebersihan kuku yang kurang diperhatikan.

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan ketika mengalami cantengan dan mencegahnya menjadi lebih parah, peratama, menjaga kebersihan kaki. Air hangat dipercaya dapat membunuh kuman, karena itu dianjurkan untuk membersihkannya empat kali sehari selama 20 menit.

Hal tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah kuku tumbuh ke dalam daging. Setelah merendam kaki, letakan kapas dibawah tepian kuku untuk mengarahkannya tumbuh ke bagaian atas daging atau kulit jari kaki.

Kedua, oleskan salep antibiotik. Demi mengurangi rasa sakitnya, oleskan salep antibiotik, kemudian balut jari kaki yang mengalami cantengan dengan perban kasa. Cara tersebut juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi.

Ketiga, konsumsi obat pedera nyeri. Jika rasa nyeri yang dirasa tidak tertahan, maka penderita bisa mengonsumi obat untuk meredakan sakit dengan ibuprofen atau parasetamol. Pastikan untuk melihat petunjuk yang tertera pada kemasan.

Keempat, memotong kuku yang menancap. Pada cantengan, kuku yang tumbuh tidak lurus, karena itu menimbulkan rasa sakit. Agar kuku dapat tumbuh seperti  sediakala, potong bagian kuku yang menyebabkan cantengan secara perlahan.

Kelima, hindari alas kaki yang tertutup. Selama kondisinya masih belum membaik, maka gunakan sandal atau alas kaki yang terbuka sampai kuku cantengan sembuh. Penderita cantengan juga harus menjaga kondisi kuku agar tetap kering.

Jika cantengan tidak juga reda dan disertai dengan bengkak, keluarnya nanah, bau tidak sedap hingga mengalami demam, maka lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Agar pasien tetap aman dan nyaman ketika berkonsultasi, RS Sari Asih sudah menerapkan protokol kesehatan.

Ada dua cara untuk tetap terhubung dengan dokter, yaitu langsung mengunjungi rumah sakit atau menggunakan layanan konsultasi online yang bisa ditemukan dengan klik sariasih.com atau aplikasi Sari Asih Online.

Jika terdapat beberapa pertanyaan yang ingin disampaikan terkait penggunaan layanan tersebut, maka hubungi nomer via WhatsApp di 0813 9966 3838.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Roza Fitri , SpOG
dr. Roza Fitri , SpOG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Panji Privan , Sp.PD
dr. Panji Privan , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. M. Prechilian Lentera Sukma, , Sp.B
Bedah Umum
dr. Timur Syarifuddin , spM
dr. Timur Syarifuddin , spM
Mata
dr. Uliandri Amrullah , SpKJ
dr. Uliandri Amrullah , SpKJ
Psikiatri
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok