Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Persiapan dan Cara Memulai Berjalan Kaki

12 Sep, 2023

SARIASIH.com - Jalan kaki adalah salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Aktivitas ini tidak memerlukan peralatan khusus, dan siapa pun bisa melakukannya.

Namun, untuk memulai dan menjadikannya kebiasaan yang bermanfaat perlu melakukan beberapa persiapan dan mengikuti beberapa pedoman sederhana.

Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memulai:

  1. Tentukan Tujuan Anda

Sebelum memulai, pertimbangkan apa tujuan kita dalam berjalan kaki. Apakah ingin meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan berat badan, mengurangi stres, atau hanya merasa lebih bugar? Dengan menentukan tujuan ini akan membantu memotivasi diri dan mengukur hasilnya.

  1. Rencanakan Waktu dan Lokasi

Tentukan kapan dan di mana akan berjalan kaki. Apakah pagi sebelum berangkat kerja, selama istirahat makan siang, atau sore hari setelah bekerja, atau waktu libur? Pilih waktu yang nyaman dan tempat yang aman serta sesuai untuk berjalan kaki, seperti taman atau jalan setapak atau lingkungan tempat tinggal.

  1. Siapkan Peralatan

Berjalan kaki tidak memerlukan peralatan khusus, tetapi ada beberapa hal yang dapat membuat berjalan kaki menjadi lebih nyaman :

  • Sepatu yang Nyaman: Pilih sepatu yang sesuai dengan jenis kaki dan aktivitas. Sepatu yang nyaman sangat penting untuk mencegah cedera.
  • Pakaian yang Sesuai: Kenakan pakaian yang sesuai dengan cuaca dan kegiatan berjalan kaki. Pakaian yang nyaman dan berlapis dapat membantu kita tetap hangat atau sejuk tergantung pada kondisi saat beraktivitas.
  • Air Minum: Bawa botol air minum yang cukup untuk tetap terhidrasi saat berjalan.
  1. Mulailah dengan Perlahan

Jika belum terbiasa berolahraga jalan kaki, mulailah dengan perlahan. Kita bisa memulainya dengan berjalan selama 10-15 menit beberapa kali seminggu, dan kemudian secara bertahap meningkatkan durasinya. Tujuan pertama adalah membangun kebiasaan.

  1. Pertimbangkan Teknik Berjalan yang Benar

Pastikan Anda berjalan dengan teknik yang benar. Pertahankan postur tubuh yang baik, berjalan dengan langkah yang mantap, dan ayunkan tangan seiring langkah kaki. Ini akan membantu menghindari cedera dan memberikan manfaat maksimal.

  1. Ajak Teman atau Keluarga

Berjalan kaki bisa menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan jika melakukannya bersama teman atau anggota keluarga. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menjalin ikatan sambil menjaga kesehatan bersama-sama.

  1. Catat Kemajuan Anda

Selalu catat hasilnya. Merekam jarak, waktu, atau bagaimana perasaan setelah berjalan sehingga dapat membantu melihat perkembangan dan tetap termotivasi.

  1. Tetap Konsisten

Kunci utama manfaat dari berjalan kaki adalah konsistensi. Jadwalkan waktu untuk berjalan kaki secara teratur dan jadikan itu sebagai kebiasaan. Semakin konsisten maka semakin besar manfaat yang akan didapatkan.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
DR.dr. Maria Regina Rachmawati , SpKFR
DR.dr. Maria Regina Rachmawati , SpKFR
Rehabilitasi Medik
dr. Bonnie Arseno , SpA
dr. Bonnie Arseno , SpA
Anak
dr. Lusiana Kartininingsih , SpA
dr. Lusiana Kartininingsih , SpA
Anak
.. Evit Siti Fitri Cahyati , Amd.Gz
.. Evit Siti Fitri Cahyati , Amd.Gz
Gizi
dr. Nizam Erhamza , SpP
dr. Nizam Erhamza , SpP
Paru
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok