Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Penyebab Gagal Ginjal Bisa Mengancam Nyawa

26 Jul, 2023

SARIASIH.com - Gagal ginjal dapat berisiko kematian jika tidak ditangani dengan baik atau jika kondisinya sudah mencapai tahap yang parah. Jika gagal ginjal tidak diobati atau tidak ditangani dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa.

Berikut penyebab gagal ginjal bisa menjadi penyakit yang mematikan, seperti:

  1. Kerusakan Organ Lain: Ginjal berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Jika fungsi ginjal terganggu, hal ini dapat menyebabkan gangguan keseimbangan elektrolit, seperti hiperkalemia (tingginya kadar kalium dalam darah) atau asidosis metabolik (peningkatan asam dalam darah). Kondisi ini bisa menyebabkan masalah serius pada organ lain, termasuk jantung dan otak.
  2. Gagal Jantung: Pada beberapa kasus, gagal ginjal dapat menyebabkan gagal jantung. Kehilangan kemampuan ginjal untuk mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh menyebabkan penumpukan cairan dalam sirkulasi, yang dapat menyebabkan beban berat pada jantung.
  3. Uremia: Uremia adalah kondisi di mana limbah nitrogen seperti urea menumpuk dalam darah karena gagal ginjal tidak mampu mengeliminasi mereka. Uremia dapat menyebabkan masalah pada sistem saraf, pernapasan, dan pencernaan, serta mengganggu keseimbangan asam-basa dalam tubuh.
  4. Infeksi Serius: Karena ginjal berperan dalam menyaring patogen dari darah, gangguan fungsi ginjal dapat meningkatkan risiko infeksi serius seperti infeksi saluran kemih atau infeksi darah.
  5. Kerusakan Jantung dan Pembuluh Darah: Gagal ginjal kronis dapat menyebabkan peningkatan risiko aterosklerosis (pengerasan dan penyempitan arteri) dan masalah kardiovaskular lainnya.
  6. Kerusakan Tulang dan Anemia: Gagal ginjal dapat menyebabkan penurunan kadar hormon yang mengatur produksi darah dan keseimbangan mineral dalam tubuh, yang dapat menyebabkan anemia dan kerusakan tulang. 

Meski demikan, dengan penanganan yang tepat, perubahan gaya hidup, dan penggunaan terapi medis, banyak pasien dengan gagal ginjal dapat mengelola kondisi mereka dengan baik dan mampu meningkatkan kualitas hidupnya.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya untuk senantiasa melakukan pemeriksaan kesehatan rutin difasilitas kesehatan Rumah Sakit Sari Asih agar aktivitas harian dapat berjalan dengan baik dan nyaman tanpa khawatir ada gangguan.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Widia Kurnia , Sp.OG
dr. Widia Kurnia , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Fiola Yolanda , Sp.KK
Kulit & Kelamin
dr. Bonnie Arseno , SpA
dr. Bonnie Arseno , SpA
Anak
dr. Eva Permata Sari , Sp.KFR
dr. Eva Permata Sari , Sp.KFR
Rehabilitasi Medik
dr. Sudin Sitanggang , Sp.S
dr. Sudin Sitanggang , Sp.S
Saraf
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok