Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Penyakit yang Bisa Menyerang Meski Sudah Hidup Sehat

06 Sep, 2023

SARIASIH.com - Gaya hidup sehat adalah pondasi kesehatan yang kuat dan berkelanjutan. Mengonsumsi makanan seimbang, berolahraga teratur, tidur cukup, dan menghindari kebiasaan merokok serta alkohol berlebihan adalah langkah penting untuk menjaga tubuh kita dalam kondisi yang baik.

Namun, ada penyakit-penyakit tertentu yang dapat menyerang bahkan orang yang menjalani gaya hidup sehat. Berikut ini beberapa penyakit dan mengapa tetap menjadi ancaman, terlepas dari usaha untuk hidup sehat menurut Dokter Umum RS Sari Asih Sangiang, dr Siti Nur R. Firda Fauziyah.

  1. Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling sering dikaitkan dengan faktor genetik. Meskipun gaya hidup sehat seperti menghindari merokok, makan makanan bergizi, dan menjalani pemeriksaan rutin dapat mengurangi risiko, tidak ada jaminan bahwa akan terhindar sepenuhnya. Faktor genetik dan faktor lingkungan, seperti paparan karsinogen (zat yang dapat menyebabkan kanker), juga berperan dalam perkembangan kanker.

  1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di banyak negara. Sementara gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko penyakit jantung, faktor-faktor seperti riwayat keluarga dan faktor genetik juga dapat membuat seseorang tetap rentan. Selain itu, penyakit jantung dapat muncul tanpa gejala yang jelas, yang membuatnya sulit dideteksi.

  1. Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah kelompok penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel dan jaringan sehat dalam tubuh. Beberapa contoh penyakit autoimun termasuk lupus, rheumatoid arthritis, dan penyakit celiac. Faktor genetik memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit autoimun ini, dan tidak selalu terkait dengan gaya hidup.

  1. Penyakit Infeksi

Walaupun menjalani gaya hidup sehat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, penyakit infeksi seperti flu, virus, atau bakteri berbahaya masih dapat menyerang bahkan orang yang sehat. Penularan penyakit ini terkadang tidak dapat dihindari, terutama dalam situasi di mana paparan terhadap patogen sangat tinggi.

  1. Penyakit Herediter

Penyakit-penyakit yang bersifat herediter adalah penyakit yang diwariskan melalui genetika dari satu generasi ke generasi berikutnya. Beberapa contoh termasuk hemofilia, talasemia, dan fibrosis kistik serta diabetes tipe 1. Meskipun mungkin dapat mengurangi risiko dengan pengujian genetik dan lainnya, penyakit ini tetap menjadi ancaman bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Sudin Sitanggang , Sp.S
dr. Sudin Sitanggang , Sp.S
Saraf
dr. H. Didik Wijayanto, Sp.A
dr. H. Didik Wijayanto, Sp.A
Anak
dr. Ceva Wicaksono , Sp.PD
dr. Ceva Wicaksono , Sp.PD
Penyakit Dalam
drg. Putri Lestari Anggiarini , SpKG
drg. Putri Lestari Anggiarini , SpKG
Gigi Konservasi
dr. Rahmatina , SpKK
dr. Rahmatina , SpKK
Kulit & Kelamin
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok