Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Penyakit Gagal Ginjal Dan Penyebabnya

17 Mar, 2023

SARIASIH.com  - Penyakit gagal ginjal semakin hari semakin banyak terjadi. Tak jarang, penderitanya harus menjalani terapi cuci darah. Hal ini dikarenakan saat penderita mendatangi fasilitas kesehatan sudah dalam kondisi kronis.

Dalam medis, gagal ginjal terdapat dua kategori yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Disebut kronis jika penderita sudah mengalami kerusakan ginjal baik pada struktur maupun fungsinya selama tiga bulan atau lebih.

Penyebab terbanyak seseorang mengalami gagal ginjal kronik karena penyakit akut lain yang memicunya, seperti kencing manis atau diabetes melitus, tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak dapat disembuhkan.

Selain diabetes dan hipertensi, penyebab gagal ginjal lainnya ialah infeksi pada ginjal yang berulang, autoimun, tejadi sumbatan pada aliran urin dikarenakan adanya batu pada saluran kandung kemih, pembesaran prostat hingga adanya kanker pada rahim.

Sementara keluhan lainnya seperti obesitas atau kegemukan, penyakit jantung, penyakit kronis hati ikut memperburuk perkembangan yang pesat pada kegagalan ginjal untuk menyaring hasil metabolisme tubuh dalam darah yang keluar melalui urin.

Gejala gagal ginjal seperti disebutkan Dokter spesialis penyakit di Rumah Sakit Sari Asih Ciputat , Kota Tangerang Selatan, dr. Laras Budiyani, SpPD , bisa bervariasi, mulai tidak bergejala hingga menimbulkan keluhan mual muntah, sakit kepala, mudah lelah, nafsu makan berkurang, pembengkakan kaki, sesak napas hingga hilangnya kesadaran.

d82fa770-fd72-4921-b1e9-5a8b48ca5bb9

Komorbid atau penyakit penyerta yang ada perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin pada fasilitas kesehatan. Dengan demikian gagal ginjal dapat terdeteksi secara dini sehingga dapat membantunya untuk segera ditangani atau dicegah.

Pertimbangan untuk mengatasi penyebab gagal ginjal dari penyakit penyerta seperti hipertensi dan diabetes melitus merupakan langkah cermat untuk mencegah komplikasi terjadinya gagal ginjal kronis.

Terapi pengganti ginjal melalui cuci darah atau hemodialisis menjadi salah satu tata laksana pada pasien dengan kondisi gagal ginjal yang sudah kronis. Terapi secara menyeluruh patut dilaksanakan oleh pasien gagal ginjal tahap akhir seperti mengubah gaya hidup.

Untuk itu ada baiknya mencegah daripada mengobati dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, tidak merokok, rutin berolahraga, diet seimbang, tidur yang cukup dan mengelola stres. Karena stres yang berlebihan bisa meningkatkan inflamasi yang berlangsung kronis. Kunjungi fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Sari Asih untuk berkonsultasi dengan dokter jika keluhan berlanjut.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Laras Budiyani , SpPD
dr. Laras Budiyani , SpPD
Penyakit Dalam
dr. Panji Privan , Sp.PD
dr. Panji Privan , Sp.PD
Penyakit Dalam
Dr. Prawitasari Eviarini , SpPD
Dr. Prawitasari Eviarini , SpPD
Penyakit Dalam
Dr. Linda Kurniaty Wijaya , SpPD
Dr. Linda Kurniaty Wijaya , SpPD
Penyakit Dalam
dr. H. Artisto Adi Yussac Muhammad , SpPD FINASIM
dr. H. Artisto Adi Yussac Muhammad , SpPD FINASIM
Penyakit Dalam
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok