Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Pentingnya Perawatan Akar Gigi untuk Kesehatan Gigi

25 Aug, 2023

SARIASIH.com - Gigi yang sehat adalah aset berharga bagi kenyamanan kita. Salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan gigi adalah merawat akar gigi dengan baik. Akar gigi adalah bagian yang tersembunyi di bawah gusi dan tulang rahang, dan seringkali menjadi sumber masalah kesehatan gigi yang serius jika tidak dirawat dengan benar.

Mengapa Perawatan Akar Gigi Penting?

Dokter Spesialis Konservasi Gigi, RS Sari Asih Ciputat, drg. Syahdini Meriana, SpKG, menyebutkan jika akar gigi mengandung jaringan lunak, pembuluh darah, dan saraf yang sangat penting untuk kesehatan gigi. Kebanyakan masalah gigi seperti kerusakan, infeksi, atau gangguan saraf berakar pada akar gigi.

Jika masalah ini tidak ditangani dengan benar, konsekuensinya bisa sangat tidak menyenangkan, termasuk rasa sakit hebat, pembengkakan, dan bahkan kehilangan gigi.

Merawat Akar Gigi (Endodontik)

Proses perawatan akar gigi juga dikenal sebagai perawatan endodontik, berikut adalah langkah-langkah umum dalam melakukan perawatan akar gigi ini:

  1. Diagnosis: Gigi akan diperiksa menggunakan alat medis untuk melihat kondisi akar gigi dan mendeteksi masalah seperti kerusakan atau infeksi.
  2. Penghilangan Jaringan Rusak: Jika terdapat jaringan pulpa (jaringan lunak di dalam gigi) yang rusak atau terinfeksi maka akan dihilangkan.
  3. Pembersihan dan Pembentukan Saluran Akar: Pembersihan saluran akar ari bakteri dan sisa-sisa jaringan yang telah dihilangkan yang kemudian saluran akar akan dibentuk kembali agar siap untuk diisi.
  4. Pengisian Saluran Akar: Saluran akar yang bersih dan dibentuk akan diisi dengan bahan pengisi khusus untuk mencegah infeksi lebih lanjut.
  5. Penggantian Gigi: Gigi mungkin akan memerlukan perbaikan seperti mahkota atau jembatan gigi untuk memulihkan fungsi dan penampilan normal.

Menghindari Masalah Akar Gigi

Untuk menghindari masalah akar gigi, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan :

  1. Jaga Kebersihan Gigi: Rajinlah menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi.
  2. Hindari Makanan Manis: Batasi konsumsi makanan dan minuman manis yang dapat menyebabkan pembentukan plak dan kerusakan gigi.
  3. Gunakan Pelindung Mulut: Saat bermain olahraga kontak atau merasakan kebiasaan menggeretakkan gigi, gunakan pelindung mulut.

Perawatan akar gigi adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan. Dengan merawat akar gigi dengan baik dan mengunjungi dokter gigi secara teratur, maka dapat mencegah masalah serius dan mempertahankan senyum yang sehat dan indah.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Masyitha , Sp.A
dr. Masyitha , Sp.A
Anak
dr. Henrico Marindian , Sp.OT
dr. Henrico Marindian , Sp.OT
Ortopedi
dr. Asrul , Sp.A
dr. Asrul , Sp.A
Anak
dr. Heri Setiawan , Sp.OT
dr. Heri Setiawan , Sp.OT
Ortopedi
dr. Widia Kurnia , Sp.OG
dr. Widia Kurnia , Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok