Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Penggunaan Kawat Gigi untuk Memperbaiki Fungsi Mengunyah Anak

12 Dec, 2023

SARIASIH.com - Kawat gigi atau yang juga dikenal sebagai peranti ortodontik, adalah alat yang digunakan oleh dokter gigi untuk membantu memperbaiki dan merapikan gigi yang tidak sejajar atau memiliki masalah penataan gigi lainnya.

Alat ini terdiri dari kawat logam dan beberapa bagian lain yang ditempatkan pada gigi untuk memperbaiki posisi gigi yang fungsi utamanya adalah memberikan tekanan bertahap pada gigi untuk memindahkan mereka ke posisi yang diinginkan.

Pada orang dewasa selain untuk memperbaiki fungsi mengunyah, juga untuk kepentingan estetika gigi agar tampilan dapat terlihat baik dan sesuai harapan. Sementara pada anak-anak, penggunaan kawat gigi dapat menjadi alat penting untuk beberapa situasi.

Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Drg Widyanti Pratiwi, Sp.KGA, menyebutkan bahwa pada anak-anak, penggunaan kawat gigi dianjurkan jika dilihat posisi gigi nya terlihat tidak sesuai.

Menurutnya, alasan umum mengapa kawat gigi direkomendasikan pada anak-anak jika :

Posisi Gigi yang Tidak Sejajar: Jika anak memiliki gigi yang tumbuh tidak sejajar, kawat gigi dapat membantu mengoreksi posisi gigi. 

Masalah Gigitan: Gigitan yang tidak benar, seperti overbite (gigitan atas terlalu maju) atau underbite (gigitan bawah terlalu maju), dapat diatasi dengan menggunakan kawat gigi. 

Ruangan yang Terbatas dalam Rongga Mulut: Jika rongga mulut anak terlalu kecil untuk menampung semua gigi yang tumbuh, kawat gigi dapat membantu menyesuaikan penempatan gigi. 

Masalah Fungsional: Beberapa anak mungkin mengalami masalah fungsi seperti kesulitan mengunyah atau berbicara karena masalah gigi, dan kawat gigi dapat membantu memperbaiki masalah ini. 

Pencegahan Masalah di Masa Depan: Pemakaian kawat gigi pada anak-anak dapat mencegah potensi masalah kesehatan gigi di masa dewasa. 

“Gigi yang tidak rapih akan menyebabkan makanan menumpuk pada gigi sehingga mengganggu kesehatan gigi anak,” sebut Drg Widyanti Pratiwi, Sp.KGA.

Sementara itu penggunaan kawat gigi memerlukan rekomendasi dari dokter gigi karena penggunaan kawat gigi pada anak karena dilakukan pada waktu yang tepat yang biasanya jika gigi susu sudah keluar dan umumnya berusia 6 hingga 7 tahun.

 

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Nanda Ladita , Sp.JP
dr. Nanda Ladita , Sp.JP
Jantung
dr. Suryaman , Sp. OG
dr. Suryaman , Sp. OG
Kebidanan dan Kandungan
dr. Kharisma Wibawa Nurdin Putra , Sp.PD
dr. Kharisma Wibawa Nurdin Putra , Sp.PD
Penyakit Dalam
dr. Agung Nugroho , Sp PD
dr. Agung Nugroho , Sp PD
Penyakit Dalam
dr. Lisa Listiarini , SpKFR
dr. Lisa Listiarini , SpKFR
Rehabilitasi Medik
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok