Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Pakai 3 Cara Ini untuk Mengurangi Sakit Gigi Sebelum Sempat ke Dokter Gigi

08 Mar, 2024

SARIASIH.com - Sakit gigi bisa menjadi pengalaman yang sangat tidak nyaman dan menyakitkan. Orang yang mengalami sakit gigi sering merasakan berbagai gejala seperti nyeri yang tajam atau tumpul di sekitar gigi yang terkena, sensitif terhadap makanan atau minuman, panas, dingin, atau manis, serta mungkin ada pembengkakan atau peradangan di sekitar gigi yang terkena.

Rasa sakit ini dapat merambat ke telinga, rahang, atau bahkan leher. Selain itu, sakit gigi juga dapat menyebabkan kesulitan dalam mengunyah makanan atau bahkan berbicara.

Tidak hanya rasa sakit fisik yang dirasakan, tetapi sakit gigi juga dapat menyebabkan stres, kegelisahan, atau bahkan gangguan tidur karena ketidaknyamanan yang disebabkan.

Orang yang mengalami sakit gigi juga mungkin merasa frustrasi atau tidak nyaman secara emosional karena gejala yang mereka alami dapat mengganggu aktivitas sehari-hari mereka.

Dokter Gigi RS Sari Asih Cipondoh, dr Arum Nurdiana Sari, MM, mengatakan bahwa ada cara alami untuk meringankan sakit gigi sebelum memutuskan ke dokter gigi. Tips yang diberikan dr Arum Nurdiana Sari, MM, pun mudah didapatkan di rumah.

“Pertama kumur dengan air hangat garam, Yang kedua, mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan ke gigi yang sakit. Dan yang ketiga adalah minyak cengkeh,” ujar dr Arum Nurdiana Sari, MM.

Dijelaskan lebih jauh dr Arum Nurdiana Sari, MM, ketiga jenis kandungan bahan yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur tersebut mengandung bahan alami yang bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit pada gigi.

Air garam mengandung disinfektan untuk mengurangi rasa sakit. Sementara bawang putih memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri pada gigi yang sedang sakit, dan kandungan antibiotik pada minyak cengkeh dapat mengurangi peradangan pada gigi yang sakit.

Meski demikian, jika dalam 2 hari sakit gigi tidak kunjung membaik, dr Arum Nurdiana Sari, MM, menyarankan ada baiknya untuk segera datang ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
drg. Arum Nurdiana Sari , MM
drg. Arum Nurdiana Sari , MM
Gigi
drg. Ridho Bijaksono
drg. Ridho Bijaksono
Gigi
drg. Vini Isa K
drg. Vini Isa K
Gigi
drg. Fitri Lenggo Geni
Gigi
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok