Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online
Layanan Online Sari Asih Rapid Test, SWAB, Konsultasi Online

Meski Ringan, Influenza Bisa Menjadi Berbahaya

09 Nov, 2023

SARIASIH.com - Virus influenza dikenal sebagai virus flu, adalah mikroorganisme yang menyebabkan penyakit pernapasan yang dikenal sebagai influenza atau flu. Virus influenza adalah anggota dari keluarga Orthomyxoviridae dan terdiri dari beberapa jenis dan subjenis yang berbeda.

Virus ini memiliki sifat-sifat yang memungkinkannya untuk berubah secara genetik dengan cepat, yang dapat menyebabkan munculnya varian baru dari waktu ke waktu. Virus influenza menyerang saluran pernapasan manusia dan hewan.

Manusia dan burung merupakan inang alami utama dari virus influenza tipe A, sementara virus influenza tipe B umumnya ditemukan hanya pada manusia. Virus influenza ini dapat menyebabkan penyakit pernapasan yang bervariasi dalam tingkat keparahan, mulai dari gejala ringan hingga yang parah.

Cara Penyebaran Virus 

Virus influenza ditransmisikan melalui droplet yang mengandung virus, dimana saat orang tersebut batuk, bersin, atau berbicara droplet itu dapat menyebabkan gangguan pada penerimanya. Orang dapat terinfeksi dengan virus influenza saat mereka menghirup partikel-partikel ini atau saat mereka menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh wajah mereka.

Infeksi virus influenza (flu) dapat memiliki dampak yang signifikan pada tubuh. Gejala influenza bisa bervariasi dari ringan hingga parah, dan dampaknya bisa mempengaruhi sistem pernapasan dan tubuh secara umum.

Dampak Virus Flu

Influenza umumnya menyebabkan gejala pernapasan, termasuk batuk, pilek atau hidung tersumbat, nyeri tenggorokan, dan seringkali demam. Pilek dan batuk bisa disertai dengan lendir yang tebal dan warna khas.

Selain itu orang dengan influenza sering mengalami nyeri otot dan sendi, yang dapat membuat tubuh merasa sangat tidak nyaman. Yang memperparah influenza ialah demam.

Suhu tubuh yang tinggi dapat menyebabkan kelemahan, gemetar, dan kebingungan pada beberapa individu. Akibatnya, dapat menyebabkan kelelahan yang parah, dan orang yang terkena sering merasa sangat lemah dan tidak bertenaga serta kehilangan nafsu makan.

Influenza adalah penyakit yang umum terjadi, terutama selama musim dingin di berbagai belahan dunia. Untuk melindungi diri dari infeksi influenza, vaksinasi tahunan direkomendasikan, terutama bagi individu dengan risiko tinggi, seperti anak-anak kecil, orang tua, dan individu dengan kondisi medis yang melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka.

 

Bagikan :

Jadwal Poliklinik
dr. Dhika Prabu Armadhanu, Dr. Sp.OG
dr. Dhika Prabu Armadhanu, Dr. Sp.OG
Kebidanan dan Kandungan
drg. Felisia Andriani , SpKG
drg. Felisia Andriani , SpKG
Gigi Konservasi
dr. Yanti Ria , Sp.THT
dr. Yanti Ria , Sp.THT
THT
drg. Siti Uliyah
Gigi
dr. Nina Masdiani , SpKJ
Psikiatri
Layanan Online
Layanan Online
Konsultasikan Dengan Dokter
Coming Soon
Ok